Peringati Scottish Wildcat Day, Kucing Liar di Skotlandia Ternyata Terancam Punah! Ini 3 Fakta Menariknya

Peringati Scottish Wildcat Day, Kucing Liar di Skotlandia Ternyata Terancam Punah! Ini 3 Fakta Menariknya

Ilustrasi. Fakta menarik kucing liar di Skotlandia yang terancam punah-Pexels/Ege-

Kemampuan kucing yang mulai dilindungi sejak 1981 ini dalam berburu tikus, mirip dengan kemampuan para kucing domestik.

Kucing liar Skotlandia bisa berburu 1 hingga 2 ekor tikus perharinya jika beruntung. Tidak hanya jadi predator alami para tikus pohon, mereka juga bisa memangsa sejumlah spesies mamalia pengerat lain seperti tikus ladang dan tikus rumahan.

Ada beberapa kasus ditemukan bahwa spesies kucing ini bisa berburu kelinci liar (Oryctolagus Cuniculus) di Eropa yang terkenal merupakan kelinci yang gesit. 

Selain itu, fakta unik lainnya tentang kucing liat Skotlandia ini juga bisa memangsa spesies burung liar atau bahkan kadal dengan agresif.

BACA JUGA : Mitos dan Fakta Unik Memelihara Jalak Bali, Warna Telurnya Tidak Biasa daripada Unggas Lain

3) Jadi simbol warga Skotlandia

Fakta menarik tentang kucing liar di Skotlandia satu ini ternyata bukan hanya sekedar menjadi hewan liar, namun merupakan simbol warga Skotlandia.

Kucing-kucing liar ini dilindungi bukan tanpa alasan. Selain demi kepentingan ekosistem alam, perlindungan terhadap kucing liar di Skotlandia ini juga merupakan bentuk pelestarian kebudayaan leluhur dari warga Skotlandia.

Kucing liar disini dianggap sebagai bagian dari kebudayaan klasik warga setempat. Bahkan, kucing ini menjadi inspirasi dari kisah mitologi warga Skotlandia yang dikenal dengan nama ‘Cat-sith’, yang berarti roh kucing penunggu di dataran tinggi.

Tidak hanya itu, kucing liar di Skotlandia juga menjadi beberapa simbol dalam klan di bangsa Skotlandia sampai sekarang.

 

Demikian informasi dan fakta menarik tentang kucing liar di Skotlandia. Semoga artikel ini bermanfaat. (*)

Sumber: