Mitos Jimat di Indonesia Belum Luntur, 4 Benda Ini Dianggap Sakti dan Salah Satunya Tali Pocong

Mitos Jimat di Indonesia Belum Luntur, 4 Benda Ini Dianggap Sakti dan Salah Satunya Tali Pocong

ilustrasi jimat-Tangkapan Layar-

RADAR TEGAL - Mitos jimat di Indonesia saat ini nampaknya masih belum luntur. Hal ini dibuktikan dengan adanya kasus pencurian tali pocong di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Kamis 3 Agustus 2023. 

Sayangnya, penggunaan jimat tersebut kerap disalahgunakan untuk hal-hal yang tidak bertanggungjawab. Dalam pandangan agama Islam, penggunaan jimat sendiri tidak dibenarkan dan menjadi sesuatu yang dilarang. 

Selain tali pocong yang mitosnya bisa menjadi jimat, ada benda lainnya yang punya mitos jimat di Indonesia. Apa saja bendanya? Simak tulisan ini sampai selesai untuk mengetahuinya.

Namun, perlu diingat, pembahasan mengenai mitos jimat di Indonesia ini hanya sekedar untuk menambah wawasan saja. Tujuannya bukan untuk mengajak atau meniru perbuatan orang yang menggunakan jimat. 

Berikut ini, 4 benda yang mempunyai mitos jimat di Indonesia, di antaranya:

1. Tali pocong

Mitos tali pocong bisa digunakan sebagai jimat sudah sangat lama beredar di masyarakat kita. Karena mitos tersebut, kasus pencurian tali pocong hampir terjadi di semua daerah tempat mitos ini berkembang.

Salah satunya seperti yang terjadi di Desa Kubangkarang Kecamatan Karangsembung Kabupaten Cirebon. Orang yang menginginkan kekuatan dan punya tujuan jahat sering memanfaatkan tali pocong untuk melancarkan aksinya.

Karena pencurian tali pocong termasuk marak, pihak keluarga akhirnya harus menjaga siang dan malam sebuah pemakaman sampai 40 hari. Hal ini berlaku untuk jenazah yang meninggal di hari-hari tertentu.

Untuk mendapatkan tali pocong, seseorang harus menggali kuburan sendiri kemudian membuka ikatan kain kafan dan melepaskan talinya.

2. Tanah kuburan

Tanah kuburan juga mempunya mitos jimat di masyarakat. Ini kerap digunakan untuk mencelakai orang lain. 

Dikutip dari Radar Cirebon, sebagian masyarakat percaya bahwa tanah kuburan merupakan jembatan antara dunia nyata dan dunia arwah. Karenanya tidak sedikit yang beranggapan bahwa tanah kuburan memiliki kekuatan mistik.

3. Kulit kerbau

Selain tali pocong dan tanah kuburan, kulit kerbau juga mempunyai mitos sebagai jimat. Sebagian orang mempercayainya sebagai jimat untuk menambah keberanian dan kekuatan.

Namun bukan kulit kerbau biasa yang kerap digunakan untuk jimat. Menurut kepercayaan orang Jawa, hanya Kerbau Landoh yang kulitnya bisa digunakan sebagai jimat.

Dengan jimat ini, konon orang yang memiliki jimat kulit kerbau bisa dengan mudah mengalahkan musuh dengan kekuatannya. Sehingga bisa digunakan untuk mencelakai orang lain.

4. Kumis macan

Kumis macan juga menjadi salah satu benda mitos jimat di Indonesia. Benda ini dipercaya memiliki tuah bisa memberikan kekuatan bagi pemiliknya. 

Sayangnya, benda ini tidak mudah mendapatkannya. Karena untuk mendapatkannya, orang harus bertaruh nyawa dengan berkelahi dengan macan.

Khasiat dan tuah dari jimat yang satu ini konon akan sangat efektif jika disimpan di dalam kulit pemiliknya. Karenanya, orang yang menggunakannya menanam jimat ini di kulitnya untuk selama-lamanya.

Demikian 4 benda yang mempunyai mitos jimat di Indonesia. Semoga informasi ini bisa bermanfaat. ***

Sumber: Radar Cirebon