Guru RA Manfaatkan Kesempatan Ini, IBN Tegal Fasilitasi Linieritas Pendidik Raudhatul Athfal

Guru RA Manfaatkan Kesempatan Ini, IBN Tegal Fasilitasi Linieritas Pendidik Raudhatul Athfal

Sejumlah guru RA mengikuti Pelatihan IKM RA di Kabupaten Brebes.-Yeri Noveli-

RADAR TEGAL - Institut Agama Islam Bakti Negara (IBN) Tegal melakukan kunjungan ke berbagai organisasi mitra, diantaranya organisasi profesi Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Kabupaten Brebes.

Rektor IBN Tegal Dr. Saepudin, MA mengatakan bahwa IBN telah membuka peluang seluas-luasnya untuk menjalin kerjasama dengan berbagai mitra kerja dalam pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi dan kerjasama sebagai upaya penjaringan mahasiswa baru. 

"Saat ini Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) IBN Tegal membuka kesempatan bagi guru-guru RA yang belum memiliki ijazah S1 atau belum linier untuk mengikuti perkuliahan di Prodi PIAUD IBN Tegal," kata Saepudin, Jumat 4 Agustus 2023.

Dia menjelaskan, linieritas ijazah guru bersertifikat pendidik telah diatur dalam Permendikbud Nomor 16 Tahun 2019 Tentang Perubahan Atas Permendikbud Nomor 46 Tahun 2016 Tentang Penataan Linieritas Guru Bersertifikat Pendidik.

Sementara, lanjut Saepudin, Kementerian Agama RI juga mengeluarkan KMA 890 Tahun 2019 sebagai dasar prinsip pemetaan linieritas ijazah guru bersertifikat pendidik di bawah lingkungan Kementerian Agama.

BACA JUGA:16 Mahasiswa IBN Tegal Diterjunkan ke Pengadilan Agama Slawi

"Termasuk bagi guru-guru RA," sambungnya.

Kaprodi PIAUD IBN Tegal, Muhammad Alim Kahfi, M.Pd mengajak guru-guru RA se Kabupaten Brebes untuk meningkatkan kualitas pendidikannya guna mencetak manusia yang unggul dan berakhlak mulia melalui peningkatan kualitas pendidiknya.

"Saat ini guru memang harus memiliki kualifikasi akademik minimal jenjang strata-1 (S1) dan linier dengan tugas mengajarnya," kata Muhammad Alim Kahfi, saat menghadiri Pelatihan Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) RA Kabupaten Brebes.

Dirinya tak menampik, saat memberikan pelatihan itu, memang banyak pertanyaan yang muncul dari para peserta. Di antaranya, berapa lama studi mahasiswa yang sudah punya gelar S1 namun belum linier dengan tugas mengajarnya saat ini.

Kemudian bagaimana proses perkuliahannya dan apakah biayanya terjangkau bagi guru-guru RA.

BACA JUGA:Tidak Hanya Dikenalkan ke Luar Jawa, IBN Tegal Juga Mulai Rambah Mancanegara

"Semuanya kami jawab, termasuk soal biaya, pastinya sangat terjangkau," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Rektor I IBN Tegal, Ahmad Hufron, Lc., MSI yang hadir dalam acara tersebut menambahkan bahwa akan ada kemudahan-kemudahan dalam program ini dengan tetap mengikuti aturan yang ada.

Sumber: