KKN di Malaysia, Mahasiswa IBN Tegal Mendapat Sambutan Hangat

KKN di Malaysia, Mahasiswa IBN Tegal Mendapat Sambutan Hangat

KKN Internasional- Serah terima mahasiswa KKN di Malaysia dari IBN Tegal dengan KBRI Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu 24 Januari 2024.-Istimewa-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Malaysia, sejumlah mahasiswa Institut Agama Islam Bakti Negara (IBN) Tegal mendapat sambutan hangat. Hal itu terlihat saat berlangsungnya serah terima mahasiswa IBN Tegal dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur, Malaysia. 

Kegiatan serah terima KKN di Malaysia ini dipusatkan di Hall Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL), Rabu, 24 Januari 2024. Hadir dalam acara itu, staf KBRI dan SIKL serta tokoh-tokoh terkait.

Acara serah terima ini merupakan salah satu tonggak bersejarah dalam kegiatan pengabdian masyarakat karena KKN di Malaysia ini merupakan KKN Internasional perdana yang dilaksanakan.

Penyerahan mahasiswa dilakukan oleh Ketua Lembaga Penelitian, Penerbitan, dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP3M) IBN Tegal H. Itmam Aulia Rakhman, Lc., MSI kepada Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Kualalumpur, Prof. Dr. Muhammad Firdaus, SP, MSi.

BACA JUGA: 3 Bulan KKN di Batam, Mahasiswa IBN Akhirnya Kembali ke Tegal

Di sela-sela kegiatan tersebut, Muhammad Firdaus berharap apa yang dijalankan oleh mahasiswa KKN di Malaysia dapat berdampak positif bagi anak-anak bangsa yang saat ini tinggal di negara jiran tersebut.

"Semoga bisa menjadi bekal berharga bagi mereka dalam membangun masa depan yang lebih baik," ucapnya.

Dalam kegiatan KKN Internasional ini, IBN Tegal bermitra dengan STIT Pemalang, Jawa Tengah.

Dalam kesempatan itu, Ketua Yayasan STIT Pemalang Heriyanto bersama Wakil Rektor 2, Arina Athiyallah, B.Hsc., M.Psi serta Kepala LPPM STIT Pemalang, Mochamad Afroni, M.Pd. mengantar dan turut memastikan proses penempatan mahasiswa di lima lokasi Sanggar Bimbingan di Malaysia.

BACA JUGA: Jempolan, Mahasiswa IBN Tegal Dikirim ke Malaysia

Adapun, KKN Internasional ini IBN Tegal menugaskan 4 mahasiswa terpilih dari berbagai fakultas dengan peserta terbanyak dari Fakultas Syariah dan Ushuluddin (FSU). Keempat mahasiswa IBN yang KKN di Malaysia tersebut adalah Husna, Khoirunnisa, Nur Fatikhatun Ni’ami, dan Choerul Mu’min. Tiga di antaranya merupakan mahasiswa FSU.

Untuk penempatan mahasiswa di lima sanggar budaya, bersama dengan STIT Pemalang adalah sebagai berikut, Indonesian Community Center (ICC) PAHANG (Pahang) Warkoni dan Heru Kurniawan (STIT Pemalang).

ICC KOSMA (Pahang), Marjuki (STIT Pemalang) dan Choerul Mu'min (IBN Tegal). ICC BAHAU (Negeri Sembilan), Nia Nofitasari dan Aina Fatkhun Nikmah (STIT Pemalang).

SB MUALLIM (Perak) Liza Fahira (STIT Pemalang) dan Khoirunnisa (IBN Tegal). Kemudian SB Gombak Utara (Selangor), Husna  bersama dengan Nur Fatikhatun Ni'ami (IBN Tegal).

Sumber: