Deretan 9 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Pria, Bisa Meningkatkan Kesuburan?

Deretan 9 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Pria, Bisa Meningkatkan Kesuburan?

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan--

RADARTEGAL.DISWAY.ID  - Bawang putih merupakan salah satu bumbu masak wajib yang kaya akan manfaat untuk kesehatan. Berikut 9 manfaat bawang putih untuk kesehatan pria.

Bawang putih bermanfaat untuk kesehatan pria mulai dari dapat mencegah risiko penyakit kronis, menjaga imunitas tubuh, hingga bisa meningkatkan kesuburan.

Adapun data pusat medis Universitas Rochester menunjukan bahwa bawang putih mengandung lemak, protein, karbohidrat, serat, dan mineral yakni zar besi, kalsium, fosfor, kalium, vitamin B6 dan C.

Adanya kandungan tersebutlah yang membuat bawang putih dipercaya sebgai salah satu rempah yang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan pria.

Merangkum dari ccnindonesia.com, berikut beragam manfaat bawang putih untuk kesehatan pria.

BACA JUGA: 5 Jenis Ikan yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Kolesterol

9 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Pria

1.      Kaya Akan Antioksidan

Tahukah Anda, mengonsumsi 1 hingga siung bawang putih dalam rempah masakah sehari-hari dapat membantu menetralkan senyawa berbahay yang terdapat dalam tubuh, lho.

Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa senyawa s-allyl cysteine bawang putih bermanfaat dapat mencegah pembentukan radikal bebas sekaligus meningkatkan jumlah sperma.

2.      Mencegah Disfungsi Ereksi

Selain dapat mencegah pembentukan radikal bebas, penelitian lain juga menyebut bahwa ekstrak bawang putih dapat merangsang prouksi nitrat dioaksida dalam tubuh yang berfungsi sebagai vasodilator pada  penis.

Hal ini berarti, nitrat dioksida efektif dalam meningkatkan alian darah menuju penis dengan menagktifkan membran sel untuk mencegah disfungsi ereksi.

3.      Dapat Mengatasi Gangguan Penapasan

Dalam Journal of Chemical and Pharmaceutical Research menyebutkan bahwa apabila Anda rutin emngonsumsi bawah putih, dapat membantu untuk mengatasi masalah pneumonia, asma, an tuberkulosis.

Tidak hanya itu, bawang putih juga diketahu efektif dlam membunuh beragam infeksi jamur, bakteri, virus, dan parasit pada usus, lho.

BACA JUGA: Di Balik Kenikmatam Kopi yang Tak Terkalahkan Ini 10 Efek Kopi bagi Tubuh, Dapat Mengacaukan Jam Tidur?

4.      Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat bawang putih untuk kesehatan pria berikutnya yakni dapat membantu meningkatkan aliran darah yang bermanfaat dalam mengatasi masalah disfungsi ereksi.

Selain itu, bumbu masakan ini juga efektif dalam memperbaiki fungsi pembuluh dara dan meningkatkan produksi hidrogen sulfida supaya aliran daah tutup Anda tetap lancar.

5.      Melindungi Prosat dari Penyakit

Kandungan senyawa allicin dalam bawang putih dikalim dapat berkontribusi dalam menjaga kekebakal tubuh serta mencegah radikal bebas agar terhindar dari penyakit yang berhubungan dengan prosat, lho.

Adapun fungsi utama kelenjar prosat yakni mengeluarkan cairan yang bermanfaat sebagai nutrisi dalam melindungi sperma.

6.      Meningkatkan Kesuburan Pria

Tahukah Anda, ternyata bawang putih mengandung efek booster yang dapat meningkatan produksi sperma dan menambah kadar testosteron.

Adapun hasil studi pada hewan menemukan adanya senyawa s-allyl cysteine bawang putih yang terbukti dalam menambah testosteron.

Meskipun begitu, efektivitasnya pada manusia masih harus diteliti lebih lanjut, ya.

7.      Dapat Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Adanya kandungan mineral dalam bawang putih seperti zinc dan vitamin C diketahuiefektif melawan enfieksi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Tidak hanya itu, dalam kandungan bawang putih juga terdapat senyawa allicin yang bersifat anti-bakteri, anti-jamur, dan tinggi antioksidan.

8.      Menambah Stamina

Manfaat bawang putih untuk kesehatan pria juga dikaitkan sebagai penambah stamina tubuh. Dengan begitu, pria bisa tetap aktif bergerak.

Meskipun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, batas konsumsi bawang putih per hari sebaiknya tidak lebih dari 6 gram, ya.

Sebab, konsumsi bawang putih berlebihan dapat meningkatkan bau mulut, perut kembung, hingga perdarahan.

9.      Dapat Menjaga Kesehatan Jantung

Hasil penelitian menemukan bahwa bawang putih bisa menurunkan kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat yang dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.

Sementara itu, suplemen dari ekstrak bawang putih ini diklaim dapat emnurunkan kadar LDL  sebesar 10 hingga 15 persen secara signifikan.

Demikian ulasan mengenai 9 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Pria. Semoga bermanfaat.***

Sumber: