7 Cara Mengolah Sate Kambing agar Empuk dan Tidak Bau Prengus

7 Cara Mengolah Sate Kambing agar Empuk dan Tidak Bau Prengus

Cara Mengolah Sate Kambing agar Empuk.--

radartegal.id – Tahukah Anda bahwa mengolah daging kambing bukanlah hal yang mudah apalagi jika Anda baru pertamakali ingin mengolahnya, ya. Berikut ini cara mengolah sate kambing agar empuk.

Apabila cara mengolah sate kambing agar empuk tidak Anda lakukan dengan benar. Maka daging yang harusnya empuk dan tidak baru, justru akan menimbulkan bau pregus serta daging terasa alot sehingga sulit untuk Anda nikmati.

Mengetahui cara mengolah sate kambing agar empuk perlu Anda ketahui menjelang Hari Raya Idul Adha bukan. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Sate kambing dapat sepertinya akan menjadi menu andalan ketika Anda mendapatkan daging dari pembagian Idul Adha. Berikut ini cara mengolah sate kambing agar empuk yang perlu Anda ketahui.

BACA JUGA: Jelang Idul Adha Hati-hati Ada Dampak Negatif Dari Mengkonsumsi Daging Kambing Terlalu Banyak, Cek Faktanya

Cara mengolah sate kambing agar empuk

1. Pilihlah Daging Kambing yang Tepat

Cara mengolah sate kambing agar empuk dan tidak bau prengus yang pertama yakni pilihlah daging kambing yang tepat. Ada pun pemilihan daging kambing ini penting untuk Anda lakukan, ya.

Anda bisa memilih bagian paha belakang, punggung, dan has yang merupakan bagian terempuk dari daging kambing sehingga lebih mudah untuk Anda olah. Tidak hanya itu, umur kambing juga akan mempengaruhi kualitas daging ya, biasanya umur kambing yang sudah tua tekstur dagingnya akan cenderung alot.

Sedangkan kambing muda dinilai memiliki tekstur daging yang lebih empuk dan tidak prengus. Namun, Anda tidak perlu khawatir ketika mendapatkan daging  kambing yang sudah tua atau dewasa, jika Anda mampu mengolahnya dengan benar maka bisa terhindar dari bau  prengus dan tekstur daging yang alot.

BACA JUGA: Daging Kambing Bisa Kelola Tekanan Darah

Selanjutnya, potong daging kambing dan rendamdalam nanas muda. Nanas muda di sini harus sudah dihaluskan sehingga akan membuat dagingnya terasa empuk.

2. Potong Daging Jangan Terlalu Tebal

Cara membuat sate kambing empuk dan tidak bau prengus berikutnya yakni hindari pemotongan daging yang terlalu tebal. Jadi, ketika memotong daging kambing untuk dijadikan sate, maka potongannya jangan terlalu tebal.

Akan lebih baik, jika Anda memotongnya tipis supaya cepat matang dan empuk. Sebab, daging kambing memiliki banyak urat dan umumnya entan keras pada saat matang.

3. Daging Jangan Dicuci

Ketika Anda mendapatkan daging kurban kambing, maka sebisa mungkin jangan mencuci dagingnya. Hal ini karena, mencuci daging akan menyebabkan bau prengus.

BACA JUGA: 5 Warung Sate Kambing Muda di Tegal yang Gak Pernah Sepi, Rasanya Bikin Pengin Mampir Tiap Hari

Umumnya, daging kambing akan lebih prengus dan beraroma tajam apabila Anda cuci. Oleh karena itu, langkah yang satu ini perlu Anda lakukan dan langsung masuk pada tahap pengolahan.

Ada pun untuk menjamin kehigenisan daging, Anda dapat membersihkan daging kambing dari kotoran atau darah dengan tangan, lap basah, atau tisue dapur. Setelah itu, daging kambing dapat  bisa langsung Anda olah.

4. Bungkus Daging Kambing dengan Daun Pepaya

Cara agar sate kambing empuk dan tidak bau prengus berikutnya yakni membungkus daging kambing dengan daun pepaya. Cara ini berfungsi supaya dagingnya empuk, Anda hanya pelru ambil 2 lembar daun pepaya.

Kemudian remas-remas dan bungkus daging kambing yang sudah Anda potong-potong dengan daun tersebut selama kuang lebih 15 menit. Perlu Anda ingat bahwa, penggunaan nanas boleh Anda lakukan. Namun, nanas akan membuat daging hancur pada  saat  dibakar.

BACA JUGA: 7 Kuliner Tegal Wajib Dicoba, dari Sate Kambing Muda yang Menggoda hingga Es Lontrong yang Segar

5. Taburi Daging Kambing dengan Garam

Apabila daging kambing yang Anda dapatkan sudah terlanjut dicuci. Maka Anda  dapat menambahkan taburan garamuntuk menetralisir darah yang menyebabkan aroma tidak sedap.

Caranya, balurkan garam ke seluruh permukaan daging. Kemudian, diamkan selama 1 jam, lalu cuci kembalidaging kambing sebelum Anda olah, ya.

6. Pilih Bumbu Aromatik dan Asam untuk Marinasi

Selanjutnya, Anda perlu memilih bumbu aromatik dan asam untuk bisa marinasi daging kambing. Tidak hanya dicuci, bumbu aromatik dan asam juga dapat menghilangkan aroma prengus, lho.

Jadi, pilihlah bumbu dengan aroma khas seperti daun jeruk, bawang putih, atau ketumbar, atau bumbu dengan rasa asam seperti daun jeruk atau air asam, ya. Caranya, Anda haluskan bumbu pilihan Anda dan rendam daging kambing selama minimal 1 jam supaya bumbunya meresap dengan baik.

BACA JUGA: 5 Tempat Warung Sate Kambing Enak di Tegal yang Terkenal, Belum Lengkap Jika Tak Mampir ke Sini

7. Bakar Daging Kambing dengan Api Sedang

Cara membuat sate kambing empuk dan tidak bau prengus yang terakhir yakni bakarlah daging kambing dengan api sedang. Jadi, ketika membakar sate kambing, baik di teflon atau alat bakar lainnya.

Pastikan menggunakan api sedang. Karena api yang terlalu besar dapat membuat daging sate alot atau tidak matang sempurna, dan gosong dipermukaan luarnya saja.

Sehingga, Anda perlu membakarnya secara perlahan dan merata. Jangan lupa untuk mengolesi daging dengan bumbu marinasi yang sudah ditambahkan kecap dan sedikit minyak supaya permukaan luar sate akan tetap terasa berbumbu.

Demikian ulasan mengenai cara mengolah sate kambing agar empuk. Semoga informasi di atas bermanfaat. 

Sumber: