Salah Satu Keturunan Sultan Agung Menyiarkan Agama Islam di Tegal? Ini Dia Sosok Pangeran Purbaya Tegal

Salah Satu Keturunan Sultan Agung Menyiarkan Agama Islam di Tegal? Ini Dia Sosok Pangeran Purbaya Tegal

--Foto: Youtube/Taufikun Makmur

TEGAL, RADAR TEGAL-Jika berbicara tentang sejarah tentunya tidak akan ada habisnya. Kali ini kita akan mencari tahu tentang sosok pangeran Purbaya Tegal.

Tokoh Pangeran Purbaya Tegal mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian warga Tegal dan sekitarnya. Tokoh ini konon pernah berada di daerah Tegal tepatnya di Kalisoka.

Ada beberapa sejarah menarik tentang Pangeran Purbaya yang ada di Tegal. Kamu warga Tegal sepatutnya harus tahu tentang sejarah ini.

Pada artikel ini radartegal.disway.id akan mengulik sejarah Pangeran Purbaya Tegal. Sebelumnya, coba kamu baca artikel Selain Sate Kambingnya yang Khas, Ini Dia Sejarah Tirus Tegal yang Dulunya Ada Saudagar Kaya dari Belanda di situs terpercaya ini.

Siapa sebenarnya sosok Pangeran Purbaya Tegal?

Pada chanel youtube Taufikun Makmur, ia menjelaskan tentang sosok yang kabarnya adalah salah satu putra dari Sultan Agung. Nama lain dari Mbah Purbaya adalah Sayyid Abdul Ghofar.

Sultan Agung sendiri adalah salah satu raja Mataram Islam yang sangat terkenal. Konon Sayyid Abdul Ghofar ini menetap di Kalisoka, Adiwerna, Tegal untuk melakukan syiar agama Islam hingga akhir hayatnya.

Kebanyakan orang juga percaya bahwa Sayyid Abdul Ghofar ini adalah seorang wali. Ia juga dipercaya memiliki karomah atau ilmu yang bersumber dari Allah SWT.

BACA JUGA:Kabarnya Sering Terdengar di Tegal, Siapa Sebenarnya Sosok Dewi Rantamsari? Cek Kebenarannya Disini

Dalam menyiarkan agama Islam, ia menggelar pengajian rutin yang ada di Masjidnya. Sasaran syiar agama Islam ini adalah masyarakat sekitar.

Keberadaan masjid dan pesantren ini menjadi bukti adanya penyebaran Islam di daerah Tegal. Penyebaran Islam ini sendiri sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu.

Akan tetapi, saat ini bangunan pesantren itu sudah tidak ada lagi tanpa bekas. Saat ini hanya ada peninggalam masjid yang beberapa tiangnya masih asli.

Namun, beberapa puing sudah hilang oleh zaman.

BACA JUGA:Iiiih Serem Lur, Terlihat Sangat Aman, Berikut Mitos Penunggu Jalan Jalingkut Tegal hingga Brebes

Kalisoka tempat bersemayam Sayyid Abdul Ghofar

Di desa ini juga sosok pangeran Purbaya bersemayam. Makamnya saat ini juga masih dikunjungi oleh banyak peziarah.

Sumber: