Selain Sate Kambingnya yang Khas, Ini Dia Sejarah Tirus Tegal yang Dulunya Ada Saudagar Kaya dari Belanda

Selain Sate Kambingnya yang Khas, Ini Dia Sejarah Tirus Tegal yang Dulunya Ada Saudagar Kaya dari Belanda

--youtube/radartegaltv

TEGAL, RADAR TEGAL-Siapa yang tidak kenal dengan sate kambing yang khas di Tirus, Tegal. Pernah tidak berpikir sejarah tirus tegal yang ada sejak zaman dahulu?

Konon sejarah Tirus Tegal ini sangat menarik loh. Tirus sendiri berada di antara beberapa ruas jalan di Kota Tegal.

Daerah ini sendiri berbatasan dengan beberapa kelurahan yang ada di sekitarnya. Kelurahan tersebut antara lain Debong Lor, Debong Kulon dan Randugunting.

Sejarah Tirus kerap orang kaitkan dengan nama seseorang pada zaman dahulu. Memangnya seperti apa orang yang menjadi alasan nama tirus ini?

Pada artikel ini radartegal.disway.id akan mengulas sejarah ini. Sebelumnya, coba kamu baca artikel tentang Kabarnya Sering Terdengar di Tegal, Siapa Sebenarnya Sosok Dewi Rantamsari? Cek Kebenarannya Disini di situs terpercaya ini.

Sejarah Tirus yang harus orang Tegal tahu

Untuk lebih jelasnya tentang letak tirus adalah ada di 2 jalan yang terpisah oleh rel kereta. Jalan tersebut adalah Jalan Kapten Sudiebyo dan Jalan KS. Tubun.

Jalur rel ini merupakan jalur re kereta yang menuju ke Jakarta atau sebaliknya.

Konon dahulu ada seorang Belanda yang bermukim di daerah tersebut. Orang Belanda tersebut merupakan seorang saudagar yang berama Van Tirus.

Kabar yang sering terdengar bahwa Van Tirus tersebut mendapatkan hak pengelolaan tanah di daerah itu. Hak tersebut ia dapatkan dari kolonial Belanda.

Tidak main-main, dia mendapatkan kepercayaan untuk mengelola tanah dengan luas sekitar 30 hektar. Hal itu pun menjadikan sosok Van Tirus menjadi terkenal pada masanya.

Masa seorang Van Tirus sendiri adalah sekitar 1887 hingga 1913. Atau sekitar 26 tahun ia mendapatkan kepercayaan untuk mengelola tanah tersebut.

Orang dahulu memang sering menyebut tanah di daerah tertentu dengan sebutan nama pemiliknya. Dengan luas tanah yang hampir 30 hektar itu membuat Van Tirus semakin dikenal banyak orang.

Demikian ulasan tentang sejarah Tirus yang perlu orang Tegal tahu. Temukan banyak informasi menarik lainnya hanya di radartegal.disway.id.*

Sumber: