Kabarnya Sering Terdengar di Tegal, Siapa Sebenarnya Sosok Dewi Rantamsari? Cek Kebenarannya Disini

Kabarnya Sering Terdengar di Tegal, Siapa Sebenarnya Sosok Dewi Rantamsari? Cek Kebenarannya Disini

--Youtube/Muhlis Abidin Channel

TEGAL, RADAR TEGAL-Ada banyak sekali mitos dan legenda yang ada di wilayah kota Tegal. Salah satunya adalah sosok Dewi Rantamsari yang konon memiliki kekuatan dan menjaga pantai utara.

Melansir dari Youtube Tamta Journey, sosok Dewi Rantamsari sangat terkenal tidak hanya di wilayah Kota Tegal saja. Sosok ini terkenal hingga ke tetangga kota Tegal.

Beberapa wilayah yang juga mengenal sosok Dewi Rantamsari adalah Brebes, Cirebon, Indramayu dan Pemalang. Konon ia punya kekuatan yang dahsyat sehingga mampu menjaga pantai utara.

Mengenal lebih dekat dengan sosok Dewi Rantamsari, ia juga mempunyai nama lain. Nama lain yang ia miliki adalah Dewi Lanjar.

BACA JUGA:Mengungkap Misteri Sejarah Tuk Dandang : Sumber Air Tak Pernah Surut di Kalisoka Tegal

Sebenarnya siapa dan ada apa di balik sosok ini? Pada artikel ini radartegal.disway.id akan mengulasnya untuk Anda.

Sosok Dewi Rantamsari ternyata adik dari Nyi Roro Kidul?

Tertulis di judul video Youtube Rezki Budiaji tersebut bahwa "Nyi Rantamsari, sang adik Ratu Pantai Selatan". Hal ini berarti menandakan bahwa ada kaitannya antara pantai selatan Jawa dan utara Jawa.

Sosok Dewi ini merupakan sosok mistis yang banyak orang seggani di wilayah pantai utara. Wilayah pantai utara sendiri yang jelas dalam video tersebut adalah dari Cirebon hingga ke Tegal.

Dewi Lanjar ini konon adalah saudara dari Nyi Roro Kidul. Ia juga menjadi penguasa pantai Utara Jawa.

BACA JUGA:Tegal Punya Candi Tersembunyi! Sisi Unik dari Bratawali, Bata Wali yang Misterius di Lebaksiu

Sosok ini keramat oleh warga-warga pesisir utara Jawa. Bahkan terkadang ada juga yang menyiapkan sesajen untuk sosok ini.

Sesajen biasanya dipersiapkan pada hari dan tanggal tertentu.Tidak hanya itu, terkadang juga ada sebuah pertunjukan sintren untuk menghormati sosok ini.

Dewi Rantamsari ini konon menguasai pantai di 3 kota. Kota tersebut ada di pantai utara yaitu Cirebon, Brebes dan Tegal.

Konon perwujudan sosok ini sangat cantik bagai bidadari. Biasanya ia akan mewujudkan dirinya dengan pakain yang serba putih.

Sumber: