Wisata Jawa Tengah Mulai Rp20.000, Saksikan Panorama Dibalik Punthuk Setumbu Magelang

Wisata Jawa Tengah Mulai Rp20.000, Saksikan Panorama Dibalik Punthuk Setumbu Magelang

Punthuk Setumbu Magelang--

RADAR TEGAL, Punthuk Setumbu ialah salah satu spot terbaik untuk menyaksikan terbitnya matahari dengan latar belakang Gunung Merapi Merbabu. Selain itu, dari Punthuk Setumbu juga pengunjung akan melihat megahnya Candi Borobudur berhiaskan kabut di pagi hari.

Tidak heran jika Punthuk Setumbu menjadi lokasi favorit para wisatawan untuk menyaksikan sunrise dan menjadi spot favorit bagi para fotografer. Punthuk Setumbu sendiri memiliki ketinggian sekitar 400 meter di atas permukaan laut yang terletak pada barisan Pegunungan Menoreh.

Dahulu, Punthuk Setumbu hanyalah lading penduduk tetapi setelah kedatangan fotografer yang mengabadikan sunrise berlatar Candi Borobudur sangat apik dari tempat ini akhirnya banyak orang berdatangan. 

Wisatawan berdatangan untuk menyaksikan keindahan Borobudur di pagi hari. Loket pendaftaran dibuka jam 04.30, saat itu wisatawan sudah bisa mulai menaiki bukit. 

Dari loket pendaftaran di kaki bukit, para wisatawan harus trekking sekitar 15 menit untuk mencapai puncak Punthuk Setumbu dengan jalur anak tangga menuju ke puncak. Namun jika Anda tidak kuat melakukan trekking maka Anda bisa duduk di gazebo dekat parkiran untuk menyaksikan Borobudur dari kejauhan.

Di puncak Punthuk Setumbu terdapat pelataran luas yang dikelilingi pagar pembatas. Pada tempat ini juga memiliki rumah panggung, gazebo dan kursi-kursi kayu yang dapat digunakan untuk duduk menanti matahari terbit.

Dengan perjalanan panjang yang ditempuh, hal ini akan terbayar lunas saat wisatawan menyaksikan kabut yang berpadu dengan megahnya Candi Borobudur dengan hiasan matahari terbit menambah lengkap panorama pagi hari Punthuk Setumbu.

Lokasi Punthuk Setumbu

Wisata Punthuk Setumbu tidak jauh dari Candi Borobudur dan akses menuju ke wisata ini cukup mudah. Lokasi tepat Punthuk Setumbu ada di Jalan Borobudur Ngadiharjo, Kurahan, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Rute ke Punthuk Setumbu Magelang

Wisatawan dapat mengakses jalan menuju Punthuk Setumbu menggunakan kendaraan beroda dua maupun roda empat hingga area parkiran utamanya. Jarak Candi Borobudur dan Punthuk Setumbu memakan waktu 15 menit jika tidak macet dan sejauh 5 kilometer. 

Setelah Anda sampai di area parker, para wisatawan harus melakukan trekking agar bisa sampai ke puncak Punthuk Setumbu dengan menaiki anak tangga yang disediakan. Wisata ini sangat cocok untuk wisata keluarga di Magelang karena jalur trekking yang tidak curam dan berbahaya.

Harga tiket masuk Punthuk Setumbu

Harga tiket masuk wisata ini cukup murah, mulai dari Rp20.000 untuk wisatawan domestik dan Rp50.000 untuk wisatawan asing.

Sumber: