Desa Sekapuk yang Awalnya Tertinggal Menjadi Berpendapatan Miliar

Desa Sekapuk yang Awalnya Tertinggal Menjadi Berpendapatan Miliar

Wisata Setigi, Desa Sekapuk, Gresik -Info Area-pinterest.com

RADAR TEGAL - Desa Sekapuk terletak di Kecamatan Ujung Pangkah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Desa ini disebut-sebut sebagai Desa miliader, salah satu Desa terkaya di Indonesia.

Melansir dari kanal youtube KEMENDES PDDT, berikut sederet informasi mengenai Desa Sekapuk.

Desa Sekapuk, salah satu desa terkaya di Indonesia

Kepala Desa Sekapuk Abdul Halim secara resmi menyebut desa ini sebagai desa miliader pada tahun 2020. Menariknya, pada masa pandemi tahun 2020, pendapatan desa ini malah naik. Kenaikannya mencapai 2,05 miliar rupiah. 

BACA JUGA:Desa Ponggok, Salah Satu Desa Terkaya di Indonesia yang Punya 5 Mata Air

Tidak sampai di situ saja, pendapatan desa terus naik menjadi 3,8 miliar rupiah pada tahun 2021. Malahan, pada tahun 2022 melejit hingga 7,8 miliar rupiah. 

Pendapatan asli warga desa ini hanya berkisar 400 ribu rupiah perbulan. Namun, berkat perubahan yang terjadi, pendapatan mereka menjadi 6-7 juta perbulan.

Sebelumnya, ada banyak permasalahan di Desa Sekapuk. Antara lain seperti kemiskinan, lingkungan kumuh, banjir, BUMDES yang tidak berkembang. 

Dari desa yang tertinggal menjadi desa berpendapatan miliar

Pada awalnya Kepala Desa Sekapuk dan warganya tidak menyadari bahwa desa mereka tergolong tertinggal. Mereka baru sadar ketika di penghujung tahun 2017, Kepala Desa diundang ke PMK. 

Ternyata, yang datang ke sana adalah kumpulan desa-desa tertinggal di Gresik. Akhirnya, Kepala Desa mengumpulkan perangkat-perangkat desa dan melakukan evaluasi. 

Apa sebenarnya yang menjadi masalah di desa ini? Setelah melakukan evaluasi dengan pihak Puskesmas, ternyata desa ini punya banyak masalah sanitasi. 

Sehingga desa ini sangat kumuh dan banyak warga yang diserang penyakit menular. Menyadari masalah-masalah tersebut, Abdul Halim bertekad untuk membenari masalah itu. 

Program unggulan Pancasona (5 pesona)

Sumber: youtube kemendes pddt