Jalan-jalan Sambil Mengenang Sejarah, Inilah 3 Lokasi Kota Tua di Jawa Tengah

Jalan-jalan Sambil Mengenang Sejarah, Inilah 3 Lokasi Kota Tua di Jawa Tengah

Kota Lama Semarang, salah satu kota tua peninggalan Belanda di Jawa Tengah--Wikipedia

RADAR TEGAL, Indonesia adalah negara yang pernah mengalami 350 tahun penjajahan Belanda. Tidak heran jika kita melihat sisa-sisa peninggalan Belanda. Bahkan di beberapa lokasi, kota tua dijadikan destinasi wisata.

Destinasi wisata kota tua memang unik, karena kita bisa melihat arsitektur dan tata kota yang tidak biasa dijumpai di lingkungan masyarakat biasanya. Selain itu, kota tua bisa menjadi salah satu bukti sejarah pendudukan Belanda di Indonesia

Di Jawa Tengah sendiri, ada beberapa kota yang memiliki peninggalan Belanda yang terkenal. Dilansir dari Youtube Munkar, inilah 3 kota tua peninggalan Belanda yang ada di Jawa Tengah.

BACA JUGA:Bunker Peninggalan Belanda di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Menyimpan Rute Rahasia Bawah Tanah?

1. Semarang

Ada suatu kawasan di Semarang yang disebut sebagai Kota Lama. Daerah ini menjadi salah satu point of interest destinasi wisata di Semarang. Bangunan-bangunan di daerah ini memiliki gaya arsitektur Eropa zaman dulu.

Pada tahun 1700-an, Belanda menjadikan Semarang sebagai pusat perdagangan dan militer. Itulah sebabnya kita bisa melihat sisa-sisa keberadaan bangunan Belanda itu di Kota Lama ini.

Semarang juga disebut Little Amsterdam, karena tata kotanya mirip dengan ibukota negeri kincir angin tersebut. Di Semarang, destinasi wisata yang paling terkenal adalah Lawang Sewu dan Gereja Blenduk.

2. Solo

Daerah ini memiliki jejak sejarah yang kental, baik dari pemerintahan kerajaan Jawa kuno yang masih berpengaruh hingga kini, sampai pemerintahan kolonial Belanda.

Mengingat sejarah itu, tidak mengherankan bila kita melihat jejak pendudukan Belanda. Bangunan-bangunan, khususnya deretan di jalan Slamet Riaydi, sebagian merupakan peninggalan Belanda. Hal ini terlihat dari arsitektur bangunan tersebut.

Salah satu bangunan peninggalan Belanda di Solo adalah Omah Lowo dan Loji Gandrung.

BACA JUGA:Peninggalan Belanda Ini Tersembunyi di Lereng Gunung di Trenggalek

3. Salatiga

Sumber: https://youtu.be/ucxi5t0umtw