Hari Pertama PPDB di Purwokerto, Banyak Orang Tua Belum Membawa Berkas Lengkap

Hari Pertama PPDB di Purwokerto, Banyak Orang Tua Belum Membawa Berkas Lengkap

PENDAFTARAN- Suasana pendaftaran PPDB SMP N 10 Purwokerto, Kamis, 20 Juli 2023.-RADAR BANYUMAS-

RADARTEGAL.DISWAY.ID - Di hari pertama Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP di Purwokerti diwarnai banyaknya orang tua yang belum membawa berkas lengkap. Hal ini terjadi di SMP Negeri 10 Purwokerto.

Berkas yang belum lengkap itu salah satunya surat pernyataan bahwa anak itu tidak terdaftar di SMP atau MTs swasta. Surat pernyataan tersebut merupakan salah satu syarat wajib untuk pendaftaran PPDB SMP N 10 Purwokerto.

"Ini harus ada dan wajib. Karena kalau mereka sudah masuk di sana kemudian mereka keluar, otomatis SMP swasta menjadi kekurangan siswa," ungkap Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas Joko Wiyono melalui JFT Widya Prada Purnomo Hesti, Kamis, 20 Juli 2023 di SD Negeri 3 Rejasari.

"Sampai siang ini, sudah ada 11 berkas  yang memenuhi persyaratan. Karena ada beberapa berkas yang kita kembalikan, disebabkan ada berkas yang kurang," kata Purnomo.

BACA JUGA:Soal SD Negeri di Purwokerto Tarik Kenang-kenangan Laptop, DPRD: Jangan Bermain Api

Dari berkas yang sudah diterima ia jelaskan, sudah ada dua calon peserta didik yang merupakan pindahan dari SMP negeri. Untuk pindahan dari SMP negeri pihaknya mempersilakan untuk mendaftar di SMP N 10 Purwokerto.

"Kalau pindahan dari negeri silakan ke sini. Sudah ada dua anak SMP negeri yang pindah ke SMP N 10 Purwokerto yaitu dari SMP N 3 Karanglewas dan SMP N 2 Cilongok karena jarak lebih dekat ke SMP N 10 Purwokerto," ucapnya dikutip dari Radar Banyumas.

Terpisah, Rosul, 43 tahun, operator SD Negeri Pangebatan, Kecamatan Karanglewas menyambut baik adanya SMP N 10 Purwokerto. Menurutnya, dengan dibangunnya unit sekolah baru akan memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan pendidikan.

"Ini saya kesini untuk mengawal anak SD N Pangebatan yang akan melanjutkan di SMP N 10 Purwokerto, ada satu yang daftar. Kami berkomitmen agar semua lulusan kami bisa melanjutkan sekolah lagi," pungkasnya. ***

Sumber: radar banyumas