Tersembunyi di Tengah Kebun, Peninggalan Zaman Jepang Ini Jarang Diketahui Orang

Tersembunyi di Tengah Kebun, Peninggalan Zaman Jepang Ini Jarang Diketahui Orang

Peninggalan Jepang di Balikpapan, Kalimantan Timur--https://youtu.be/VfGmx2Y7rTY

RADARTEGAL.DISWAY.ID - Masa pendudukan Jepang di Indonesia telah menorehkan kisah dalam sejarah kemerdekaan. Penjajahan Jepang relatif singkat, sekitar tiga setengah tahun sebelum kemerdekaan. Tapi, buktinya ada pada peninggalan Jepang, salah satunya di Balikpapan.

Kalimantan Timur, khususnya Balikpapan adalah salah satu saksi bisu Perang Dunia II. Balikpapan adalah salah satu kota di Kalimantan yang pertama kali dikuasai Jepang pada masa pendudukannya di tahun 1942. Maka, tidak heran jika ada peninggalan Jepang di sini.

Salah satu peninggalan Jepang di Balikpapan adalah Tugu Perdamaian dan Makam Jepang. Sekarang, peninggalan ini menjadi destinasi wisata sejarah yang bisa didatangi masyarakat umum.

Tugu Perdamaian dan Makam Jepang ini cenderung sepi. Lokasinya sedikit tidak terawat dan belum mendapat perhatian penuh dari pemerintah. Jadi, peninggalan ini masih bisa dibilang tersembunyi. Uniknya lagi, peninggalan Jepang di Balikpapan ini tersembunyi di tengah kebun yang rindang.

Melansir dari Youtube Ini Nah Balikpapan, inilah informasi mengenai Tugu Perdamaian dan Makam Jepang.

BACA JUGA:Peninggalan Belanda Ini Tersembunyi di Lereng Gunung di Trenggalek

Merupakan Pengingat Tragedi Perang Dunia II

Peninggalan ini dibangun pada tahun 1990 sebagai penghormatan bagi tentara Australia, Indonesia, dan Jepang yang gugur pada masa Perang Dunia II. Di lokasi ini, ada 2 pondok, masing-masing terdapat Tugu Perdamaian dan Makam Jepang tersebut.

Di pondok pertama terdapat Tugu Perdamaian. Monumen itu berupa batu semacam prasasti yang bertuliskan huruf kanji. Tugu ini menandakan bahwa lokasi ini merupakan tempat berdamai antara Jepang, Australia, dan Indonesia. Sementara itu, di pondok kedua terdapat monumen Makam Jepang.

Ada cerita pada tugu kedua, atau Makam Jepang, di mana tugu itu adalah penanda bahwa lokasi tersebut adalah lokasi makam tentara Jepang. Pada masa itu, para pasukan Jepang terdesak oleh Sekutu yang sampai di Balikpapan. Mereka ditangkap saat sedang istirahat di tengah perjalanan menuju Samarinda.

BACA JUGA:Jejak Peninggalan Sejarah Situs Gunung Padang Cianjur, Ada Sumur Cakahuripan dan Kampung Empang

Tersembunyi di Tengah Kebun dan Pepohonan Lebat

Lokasi Tugu Perdamaian Jepang, Australia, dan Indonesia ini berada di pinggir jalan poros Balikpapan menuju Samarinda. Tepatnya beberapa meter dari jalan tol Balikpapan-Samarinda di Jalan Soekarno Hatta KM 13.

Tempat ini terkesan tersembunyi, karena jalan masuknya di pinggir jalan tidak mencolok. Jalan setapak pun melewati pepohonan di dalam kebun yang terkesan sepi dan menyeramkan.

Sumber: https://youtu.be/vfgmx2y7rty