Fakta Suku Biak, Viking Asli Indonesia dari Wilayah Papua

Fakta Suku Biak, Viking Asli Indonesia dari Wilayah Papua

--https://www.google.com/imgres?imgurl=https://3.bp.blogspot.com/-z6kOwnSoyI4/WtWD7caFbtI/AAAAAAAAg3Y/jGeMTCLy_HM-UeLOE_HLGQvynq5aW2QCQCLcBGAs/s1600/Perahu-Wairon-Biak.png&tbnid=pog7zj_jl0E05M&vet=1&imgrefurl=https://www.dharapospapua.com/2018/04/budaya-ran

RADARTEGAL.DISWAY.ID –  Suku Biak merupakan salah satu etnis yang tinggal di wilayah pedalaman Papua. Suku ini memiliki sejumlah fakta Suku Biak yang menarik dan unik untuk dibahas.

Terdapat sejumlah fakta Suku Biak yang mungkin belum banyak orang tahu, seperti mereka penjelajah yang sangat ulung di lautan. Mereka bahkan mendapat julukan sebagai viking asli Indonesia. 

Salah satu fakta Suku Biak lainnya adalah mereka menjadi perompak yang sangat ganas di lautan, loh. Namun, selain dua fakta tersebut, masih terdapat fakta-fakta menarik yang akan dibahas dalam artikel ini. 

Nah, berikut akan dibahas mengenai fakta Suku Biak yang dilansir dari kanal YouTube TOP INFO oleh radartegal.disway.id.  

BACA JUGA:Orang Laut dari Nusantara, Fakta Unik Suku Bajo yang Jarang Diketahui

Fakta-fakta menarik Suku Biak, viking asli Indonesia

Pelayar Paling Tua di Indonesia

Selama ini, kita tahu bahwa pelayar terhebat di Indonesia adalah bangsa dari Kerajaan Sriwijaya dan Suku Bugis, yang terkenal dalam pelayaran dan menjalin hubungan perdagangan dengan bangsa di luar Indonesia.

Tetapi, selain kedua suku tersebut, masih terdapat Suku Biak yang juga merupakan pelaut yang sangat hebat. Bahkan, sejarah maritim mereka ada sebelum kerajaan besar nusantara tumbuh. 

Catatan sejarah menyebutkan bahwa pelayaran yang dilakukan oleh Suku Biak berlangsung pada abad ke-15 hingga ke-19. Mereka menjelajahi kawasan Maluku, lalu melanjutkan ke Sulawesi dan mampir ke pulau Jawa. 

Catatan lain juga menyebutkan bahwa Suku Biak sudah melakukan tradisi pelayaran sejak abad ke-8, bahkan sebelum bangsa Eropa dan Tiongkok mulai datang ke nusantara.

Awal Mula Pelayaran Suku Biak 

Fakta Suku Biak selanjutnya adalah suku ini melakukan pelayaran karena di daerahnya mengalami kekeringan yang sangat parah sehingga mereka membutuhkan banyak sekali makanan agar bisa bertahan hidup. 

Dari sini, mereka melakukan pelayaran ke berbagai penjuru nusantara untuk mencari bahan makanan yang dapat dimakan. 

Sumber: https://youtu.be/8inu-2t9qbm