Orang Laut dari Nusantara, Fakta Unik Suku Bajo yang Jarang Diketahui

Orang Laut dari Nusantara, Fakta Unik Suku Bajo yang Jarang Diketahui

--https://phinemo.com/suku-bajo-di-sulawesi-sang-manusia-ikan-dari-indonesia/

RADARTEGAL.DISWAY.ID –  Suku Bajo merupakan salah satu etnis yang tinggal di wilayah pesisir Indonesia. Suku yang dikenal sebagai “orang laut” ini memiliki sejumlah fakta unik Suku Bajo yang menarik untuk diperbincangkan. 

Terdapat sejumlah fakta unik Suku Bajo yang mungkin belum banyak orang tahu, seperti masyarakatnya memiliki pengetahuan unik tentang pelayaran, penangkapan ikan, berburu, dan mengumpulkan hasil laut.

Fakta unik Suku Bajo lainnya adalah rumah mereka berbentuk rakit mengapung di atas air atau di tepi pantai. Suku Bajo telah mempertahankan kearifan lokal dan adat istiadat yang berakar kuat dengan lingkungan laut mereka.

Meskipun menghadapi perubahan zaman, mereka terus melestarikan warisan budaya dan kehidupan laut tradisional. Berikut adalah fakta unik Suku Bajo yang dilansir dari kanal YouTube Larasati Channel oleh radartegal.disway.id.  

BACA JUGA:5 Fakta Unik Suku Mentawai, Suku Tertua di Indonesia dengan Tatonya yang Khas

Fakta unik Suku Bajo yang perlu Anda ketahui

Tidak Memiliki Kewarganegaraan 

Dahulu, Suku Bajo adalah kelompok pengembara tanpa kewarganegaraan resmi dan berasal dari Filipina Selatan. Meskipun disebut sebagai suku bangsa Indonesia, tidak semua keturunan mereka asli Indonesia. 

Beberapa suku merupakan masyarakat pendatang dari ribuan tahun lalu yang kemudian menetap dan membangun generasi penerus. Sekarang, orang Bajo telah menjadi warga negara Indonesia dan berkontribusi dalam membangun peradaban Indonesia.

Tumbuh dan Besar di Laut 

Fakta unik Suku Bajo selanjutnya adalah orang Bajo memiliki kemampuan menyelam yang luar biasa karena sebagian besar tinggal di dekat laut. Kehidupan mereka sangat tergantung pada laut, dan sejak kecil, mereka diajari untuk menyelam. 

Anak-anak Bajo pandai menyelam tanpa peralatan khusus. Kehidupan di laut membentuk karakter mereka menjadi mudah beradaptasi dan memiliki jiwa petualang.

Terlahir Sebagai Penyelam 

Keunikan menarik dari masyarakat Bajo adalah kemampuan menyelam mereka yang luar biasa. Mereka disebut "penyelam sejati" karena kemampuan istimewa ini. 

Sumber: https://youtu.be/g7mamaizr3c