Tahun Ajaran Baru 2023/2024, SMP Negeri 1 Tolak Ratusan Pendaftar

Tahun Ajaran Baru 2023/2024, SMP Negeri 1 Tolak Ratusan Pendaftar

Ratusan peserta didik baru di SMP Negeri 1 Brebes saat mengikuti MPLS di hari pertama. (Istimewa)--

BREBES, radartegal.disway.id - Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di sejumlah sekolah menengah pertama (SMP) sudah berlangsung sejak, Senin 17, Juli 2023. Tak terkecuali di SMP Negeri 1 Brebes.

Kepala SMP Negeri 1 Brebes Dharma Suhaeri mengatakan, MPLS tahun ajaran baru 2023/2024 kali ini diikuti sebanyak 239 siswa. Mereka, akan mengikuti MPLS selama 5 hari. Mulai daei 17 Juli hingga 22 Juli 2023 mendatang.

Suhaeri menceritakan, selama proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini total ada 457 siswa yang mendaftar. Namun, yang diterima di sekolah tersebut hanya 239 siswa sesuai kuota yang ada.

"Jadi selama proses PPDB kemarin kami hanya menerima 239 siswa. Baik itu dari jakur zonasi ataupun prestasi. Sedangkan sisanya 218 pendaftar terpaksa kami tolak, karena sudah tidak memenuhi kuota," jelasnya.

Dia menambahkan, memang setiap tahunnya calon peserta didik baru yang mendaftar di sekolah yang dia pimpin itu sangat banyak. Namun, dengan kuota yang terbatas, sehingga pihaknya terpaksa menolaknya.

"Alhamdulillah, setiap tahunnya calon peserta didik yang mendaftar di SMP Negeri 1 Brebes sangat banyak. Bahkan, proses PPDB tahun inj ada calon wali murid yang rela menunggu sejak Subuh agar anaknya bisa mendaftar di sekolah kami," ucapnya.

Saat ditanya terkait pelaksanaan MPLS, Suhaeri menambahkan, untuk materi MPLS sendiri, ada 10 kegiatan. Yang pertama, pengenalan lingkungan sekolah, pengenalan kurikulum merdeka, profil pelajar pancasila. Kemudian, belajar yang menyenangkan, pembelajaran digital yang bermakna. Selanjutnya, tata tertib budaya sekolah, pendidikan imtaq, mental dan karakter siswa.

"Serta pengenalan ekstrakulikuler, dinamika kelompok dan di hari terakhir pentas seni," tukasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Brebes Caridah mengingatkan kepada satuan pendidikan agar tidak ada perpeloncoan selama pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Di mana, MPLS tingkat SD dan SMP mulai berlangsung pada Senin 17 Juli 2023 hingga beberapa hari ke depan.

Bahkan, guna mengantisipasi adanya perpeloncoan, pihaknya bakal membentuk tim dari dinas untuk memantau pelaksanaan MPLS.***

Sumber: