5 Kota Paling Sepi di Jawa Tengah, Cari Tahu di Sini Mungkin Salah Satunya Merupakan Daerahmu

5 Kota Paling Sepi di Jawa Tengah, Cari Tahu di Sini Mungkin Salah Satunya Merupakan Daerahmu

--

TEGAL, radartegal.disway.id - Daftar 5 kota paling sepi di Jawa Tengah akan kita bahas dalam artikel kali ini. Kota-kota itu rata-rata relatif jauh dari ibu kota Provinsi Jawa Tengah, Semarang. 

Sebagai salah satu provinsi yang mempunyai wilayah terluas di Tanah Air, Jawa Tengah memiliki berbagai macam keunggulan. Tofografinya pun sangat lengkap, walaupun ada 5 kota paling sepi di Jawa Tengah ini. 

Provinsi Jawa Tengah terdiri dari 29 kabupaten dan 6 kota, dengan luas wilayahnya mencapai 32.801 km persegi. Sejumlah daerah di provinsi di tengah-tengah Pulau Jawa itu kini mulai berkembang pesat, meski ada 5 kota paling sepi di Jawa Tengah.

Namun, dari 35 kabupaten dan kota di Jawa Tengah ternyata ada beberapa daerah yang dianggap kabupaten paling sepi di Jawa Tengah. Lalu apa saja 5 kota paling sepi di Jawa Tengah itu?

Di bawah ini merupakan daftar 5 kota paling sepi di Jawa Tengah sebagaimana yang dikutip dari kanal Youtube RONY STORY:

1. Kabupaten Grobogan

Meski mempunyai wilayah yang paling luas kedua di Provinsi Jawa Tengah setelah Kabupaten Cilacap, Kabupaten Grobogan termasuk kota tersepi di Jawa Tengah. Grobogan mempunyai wilayah seluas 2.022,25 km persegi.

Kabupaten Grobogan terdiri dari 19 kecamatan, 7 kelurahan, dan 273 desa, dan mempunyai jumlah penduduk mencapai 1,4 juta jiwa. Meski bagitu kepadatan penduduk di Grobogan hanya 721 jiwa per kilometer persegi.

Secara geografis Grobogan terdiri dari lembah yang diapit dua pegunungan kapur. Yakni pegunungan gendeng dan pegunungan kapur Utara.

2. Kabupaten Wonogiri

Salah satu kabupaten di Solo Raya yakni Kabupaten Wonogiri memiliki luas 1.822,27 km persegi dengan jumlah penduduknya mencapai 1,04 juta jiwa. Kabupaten yang berbatasan dengan Provinsi Jawa Timur itu terdiri dari 25 kecamatan, 43 kelurahan, dan 251 desa.

Kendati demikian Kabupaten Wonogiri menjadi salah satu dari 5 kota paling sepi di Jawa Tengah, dengan angka padatan penduduk hanya berkisar 581 jiwa per kilometer persegi.

Secara tofografi, sebagian besar kondisi alamnya merupakan pegunungan berbatu gamping dan sebagian besar lainnya adalah hutan. Kondisi inilah yang menyebabkan Kabupaten Wonogiri menjadi salah satu kota tersepi di Jawa Tengah.

3. Kabupaten Blora

Sumber: