7 Senjata Tradisional Paling Ditakuti di Indonesia, Salah Satunya Sering Lihat

7 Senjata Tradisional Paling Ditakuti di Indonesia, Salah Satunya Sering Lihat

--

RADARTEGAL.DISWAY.ID - Salah satu produk budaya yang menjadi identitas masyarakat adalah senjata tradisional. Ada beberapa senjata tradisional paling ditakuti di Indonesia, termasuk yang sering Anda lihat di uang seribu Rupiah. 

Senjata tradisional paling ditakuti di Indonesia ini merupakan alat perlindungan diri, berladang, hingga berburu bagi orang-orang dahulu. Sampai saat ini, masih banyak orang memakainya sebagai senjata sehari-hari.

BACA JUGA:Sekali Tersinggung Auto Dapet Hadiah, Jangan Main-main Dengan 5 Suku Paling Berbahaya di Indonesia Ini

Hampir setiap suku di Indonesia mempunyai senjata tradisional masing-masing. Bahkan, beberapa sudah menjadi warisan budaya bangsa, termasuk senjata tradisional paling ditakuti di Indonesia

Pada kesempatan kali ini, radartegal.disway.id akan mengajak Anda untuk mengenal senjata-senjata yang menjadi warisan budaya Indonesia. Melansir dari kanal youtube Larasati Channel, berikut informasi mengenai 7 senjata tradisional yang paling ditakuti di Indonesia

BACA JUGA:Takut Banget Loh! 5 Suku di Indonesia Ini Paling Ditakuti Negara Asing

7 Senjata tradisional yang paling ditakuti di Indonesia

1. Keris, Jawa

Keris merupakan salah satu senjata tradisional yang cukup populer bagi suku Jawa. Selain digunakan sebagai kelengkapan pakaian adat Jawa, senjata tradisional ini juga sering dijadikan sebagai properti foto maupun film. 

Bagi masyarakat Jawa sendiri, keris bukan sekedar senjata untuk perlindungan diri. Namun, keris juga memiliki nilai sakral dan unsur mistis dalam kepercayaan Jawa Kuno. 

2. Celurit, Madura

Celurit merupakan senjata khas dari Madura yang bentuknya melengkung menyerupai bulan sabit. Senjata ini masih digunakan dalam kegiatan sehari-hari, seperti memotong rumput untuk makan ternak dan sejenisnya.

Fungsi lain dari celurit adalah menjadi media untuk menyelesaikan permasalahan antar suku, antar individu, atau masalah adat lainnya.

3. Pisau Belati, Papua

Sumber: https://youtu.be/cpahzn5pqdi