5 Jenis Senjata Tradisional Rencong Khas Aceh, Nomor Dua Paling Mewah

5 Jenis Senjata Tradisional Rencong Khas Aceh, Nomor Dua Paling Mewah

--youtube ACEH FACTS

RADARTEGAL.DISWAY.ID - Sesuai dengan julukannya Tanah Rencong, senjata tradisional rencong menjadi simbolisasi perjuangan rakyat Aceh di masa lampau. Senjata tersebut berperan besar bagi pahlawan Aceh dalam melawan penjajah Belanda. 

Senjata tradisional rencong sudah ada sejak zaman awal Kesultanan Aceh, tepatnya masa kepemimpinan Sultan Ali Mughayat Syah. Bahkan, rencong yang Cut Nyak Dhien gunakan untuk melawan Belanda kini masih tersimpan di Museum Kota Den Haag, Belanda. 

BACA JUGA:5 Fakta Unik Pembuatan Senjata Tradisional Keris, yang Pertama Bikin Melongo

Tidak hanya sultan dan bangsawan, tetapi rakyat biasa pun juga menggunakannya sebagai senjata pertahanan diri. Tiap jenis senjata tradisional rencong sendiri mempunyai ciri khas yang berbeda-beda untuk menunjukkan status penggunanya.

Pada kesempatan kali ini, radartegal.disway.id akan mengajak Anda untuk mengenal salah satu senjata tradisional yang paling ditakuti di Indonesia dalam artikel sebelumnya. Melansir dari kanal youtube ACEH FACTS, berikut informasi mengenai 5 jenis senjata tradisional rencong.

BACA JUGA:7 Senjata Tradisional Paling Ditakuti di Indonesia, Salah Satunya Sering Lihat

5 Jenis rencong masyarakat Aceh

1. Rencong meucugek

Rencong bergagang lengkung 90° ini memiliki cugek pada gagangnya, yaitu bentuk panahan dan perekat yang berfungsi untuk memperkuat pegangan agar tidak mudah terlepas dari tangan. Karena itu, rencong jenis ini digunakan oleh pahlawan Aceh saat perang karena efektif dalam pertarungan jarak dekat. 

Rencong meucugek ini terbuat dari kuningan atau besi putih dan sarungnya terbuat dari kayu atau tanduk kerbau. Biasanya, rakyat biasa dan ulama menggunakan rencong ini, tapi dengan pengecualian gagang rencong milik ulama dilapisi suasa atau logam campuran emas dengan tembaga. 

2. Rencong meupucok

Rencong ini memiliki pucuk di atas gagangnya yang terbuat dari ukiran gading atau emas. Demikian juga dengan pangkal gagangnya, berhias emas dengan motif pucok rebung atau tumpal yang diberi permata di tampuk gagang. 

Rencong berukuran sekitar 30 cm ini bilahnya terbuat dari besi putih, sarungnya dari gading, dan berikatan emas. Senjata berbahan mewah ini biasanya digunakan oleh sultan, bangsawan, dan hulubalang, tetapi sekarang hanya muncul saat ada upacara adat.

BACA JUGA:Racunnya Mematikan! Begini Cara Suku Mentawai Membuat Senjata Tradisionalnya

Sumber: https://youtu.be/1poldqczryg