Awas! Jangan Sampai Kena Incar, Ini Dia 5 Fakta Unik Senjata Tradisional Mandau

Awas! Jangan Sampai Kena Incar, Ini Dia 5 Fakta Unik Senjata Tradisional Mandau

--detik.com

RADAR TEGAL - Suku Dayak tidak hanya terkenal sebagai suku terbesar dan tertua di Kalimantan, Indonesia. Namun, senjata tradisional mandau milik mereka juga terkenal sakti. 

Senjata tradisional mandau sudah melegenda sejak zaman dahulu karena kekuatan mistisnya yang dapat terbang mengincar kepala musuh. Selain sebagai senjata saat perang, mandau juga menjadi simbol dari kehidupan suku Dayak.

BACA JUGA:5 Fakta Unik Pembuatan Senjata Tradisional Keris, yang Pertama Bikin Melongo

Mandau ini memiliki filosofi yang sangat tinggi sekaligus bentuk yang unik. Jadi, tidak heran jika saat ini banyak wisatawan berburu senjata tradisional mandau sebagai oleh-oleh khas suku Dayak di Kalimantan. 

Pada kesempatan kali ini, radartegal.disway.id akan mengajak Anda untuk mengenal salah satu senjata tradisional yang paling ditakuti di Indonesia dalam artikel sebelumnya. Melansir dari kanal youtube Larasati Channel, berikut informasi mengenai 5 fakta unik senjata tradisional mandau.

BACA JUGA:7 Senjata Tradisional Paling Ditakuti di Indonesia, Salah Satunya Sering Lihat

5 Fakta senjata tradisional mandau khas suku Dayak

1. Mandau terbang

Seperti yang dikatakan sebelumnya, mandau memiliki unsur magis yang mampu membuatnya terbang secara misterius. Bahkan, konon katanya senjata ini pantang kembali ke sarungnya sebelum berhasil memenggal kepala musuhnya. 

Karena itu, ilmu ini tidak boleh sembarangan dipraktikkan, kecuali memang dalam kondisi yang darurat seperti perang. 

2. Terbuat dari batu

Mandau yang asli dan tua terbuat dari batu khusus bernama mantikei yang didominasi oleh unsur besi, sehingga membuatnya menjadi sangat keras dan kuat. Jadi, tidak heran jika sekilas mandau terlihat seperti pedang yang terbuat dari besi. 

Meskipun begitu, mandau yang sekarang diproduksi dengan bahan besi, bukan batu mantikei. Namun, tetap mempertahankan pola etniknya yang kental, mulai dari pegangan, sarung, hingga bilahnya.  

BACA JUGA:5 Jenis Senjata Tradisional Rencong Khas Aceh, Nomor Dua Paling Mewah

Sumber: larasati channel