Masjid atau Kelenteng? Ini Dia 10 Masjid Terunik di Indonesia

Masjid atau Kelenteng? Ini Dia 10 Masjid Terunik di Indonesia

--pinterest.com

Hal yang paling unik dari masjid ini adalah bangunannya yang terletak di perut bumi. Karena letaknya di bawah tanah, masjid ini tidak memiliki menara yang menjulang tinggi ataupun kubah yang besar megah. 

Bentuk ruangan dalam masjid benar-benar khas seperti gua. Terdapat stalaktit dan stalakmit, serta ukiran kaligrafi menghias ruangan masjid. 

Menariknya, dulu masjid ini adalah kawasan tempat pembuangan sampah. Kemudian oleh Kyai Subchan Mubarok diubah menjadi masjid yang seindah itu. 

8. Masjid Tiban Malang 

Sebenarnya masjid ini adalah pesantren yang berada di Turen, Kabupaten Malang. Uniknya, masjid ini dibangun dalam waktu yang singkat, namun bisa mencapai 11 lantai.

Bukan arsitekturnya saja yang menarik. Masjid ini memiliki kolam renang disertai perahu khusus untuk wisatawan anak. 

Selain itu, terdapat pula beberapa jenis binatang seperti monyet, kijang, burung, ayam, kelinci, dan lain-lain. Hewan-hewan ini bisa digunakan untuk wisata edukasi bagi anak-anak.

9. Masjid Al-Irsyad, Bandung 

Masjid ini pernah mendapat penghargaan bergengsi tingkat dunia. Hal ini karena bangunannya unik, megah, dan menakjubkan. 

Arsitektur masjid ini adalah Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Ia sengaja menciptakan desain unik sebuah masjid yang memanfaatkan sinar matahari.

Tidak ada pilar di tengah masjid, sehingga masjid terasa begitu luas. Sisi-sisi dinding saja yang menopang sekaligus membatasi atapnya. 

BACA JUGA:5 Sungai Paling Bersih di Indonesia, Ada yang Mirip Sungai Amazon!

10. Masjid Agung Al-Jabbar, Bandung  


--pinterest.com

Nama Al-Jabar berasal dari salah satu diantara 99 Asmaul Husna. Arti Al-Jabbar adalah Maha Gagah, Maha Kuasa.

Sumber: youtube ar tvlog