Umat Muslim di Tegal Diminta Lakukan Persiapan Menyambut Bulan Suci Ramadhan Ramadhan

Umat Muslim di Tegal Diminta Lakukan Persiapan Menyambut Bulan Suci Ramadhan Ramadhan

Khotib Sholat Jumat mengimbau agar umat muslim melakukan persiapan menyambut bulan suci Ramadhan--

RADAR TEGAL – Masyarakat Tegal khususnya umat muslim diminta melakukan persiapan menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Sebab, bulan kedatangan bulan mulia itu akan datang dalam waktu dekat ini.

Imbauan agar umat muslim melakukan persiapan menyambut bilan suci Ramadhan disampaikan salah satu khotib di Tegal Ustadz Zakaria SAg. Dirinya menyampaikan hal itu dalam khutbah sholat Jumat di salah satu masjid, Jumat 1 Maret 2024.

Menurut ustadz Zakaria, penyelenggaraan Pemilu telah usai. Di mana, KPU dan perangkat lain yang terlibat dan tim-tim politik yang bekerja untuk menyelesaikan tugasnya masing-masing.

“Jika ditemukan masalah seperti kecurangan, mereka  yang bertugas akan menyelesaikannya dengan proses yang sudah ditetapkan," katanya.

BACA JUGA: Berapa Tanggal Awal Puasa Ramadhan 2024 Versi NU dan Muhammadiyah? Cek di Sini

Selanjutnya, kata Ustadz Zakaria, umat muslim perlu fokus pada kegiatan yang lebih penting bagi diri mereka. Di antaranya ibadah, bekerja, belajar, kuliah hingga kegiatan sosial terlebih khusus lagi persiapan menyambut bulan suci Ramadhan.

"Banyak amalan yang dapat dilakukan di bulan Syaban dalam menyambut Ramadan. Persiapan selanjutnya, menyucikan fisik dan batin,” ujarnya.

Persiapan fisik dengan menjaga kesehatan agar kuat berpuasa sebulan penuh. Kemudian menyucikan batin dan harta dengan bersedekah, mengunjungi dan memohon maaf pada orang tua, kepada sesama, silaturahmi.

“Bisa juga dengan memberikan hadiah, melunasi hutang puasa bagi wanita. Serta berpuasa sunah untuk mengawali puasa Ramadhan," ungkapnya.

BACA JUGA: Pemkot Diminta Keluarkan Edaran Penghentian Operasional Tempat Hiburan di Tegal Selama Ramadhan

Ditambahkannya, Rasullulah SAW senantiasa berpuasa sunah pada bulan Syaban, lalu menyambungnya dengan puasa pada Ramadhan. Sebab, Ramadan adalah bulan untuk membakar dosa-dosa kita dan di sini harus serius.

“Kita Harus merasa bangga dengan datangnya Ramadhan, jangan hanya bangga dengan Idul Fitrinya. Mari kita sambut dengan persiapan yang terbaik,” ucapnya.

Sebagai seorang ulama, kata Ustadz Zakaria, memiliki peran aktif untuk menyampaikan pesan perdamaian dan persatuan dan menyudahi semua perpecahan. Serta mengajak umat Islam untuk saling menjalin kembali tali persaudaraan satu sama lain setelah pemilu usai, dan bukan justru sebaliknya.

"Bulan Ramadhan adalah momen terbaik untuk saling memaafkan dan memberi maaf, dan perbanyak istighfar minta ampun kepada Allah SWT atas dosa dan kesalahan yang kita perbuat. Sambutlah bulan suci ramadhan dengan wajah ceria yang selalu menebarkan kasih sayang dan kedamaian,” terangnya.

Ustadz Zakaria menambahkan, sesuai sabda Rasulullah siapa orangnya yang gembira kedatangan bulan suci ramadhan maka haram jasadnya masuk neraka. Dalam hadits itu juga disampaikan tebarkan kasih sayang terhadap mahluk dimuka bumi maka mahluk yang ada dilangit para malaikat akan menyayangi kamu sekalian. (*)

Sumber: