Masjid atau Kelenteng? Ini Dia 10 Masjid Terunik di Indonesia

Masjid atau Kelenteng? Ini Dia 10 Masjid Terunik di Indonesia

--pinterest.com

Sebagai salah satu masjid terunik di Indonesia, masjid ini berdiri tak jauh dari pantai Losari. Seperti namanya, masjid ini memiliki banyak kubah yang berwarna cerah. 

Bangunannya yang besar mampu menampung sekitar 10.000 orang. Menariknya, arsitektur yang mendesain masjid ini adalah Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. 

4. Masjid Safinatun Najah 

Masjid ini dikenal dengan sebutan masjid kapal bahtera Nabi Nuh. Letaknya tak jauh dari pusat Kota Semarang, tepatnya di Kelurahan Podorejo, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang.

Masjid ini memiliki 4 tingkat, tingkat pertama untuk ruang pertemuan, tingkat kedua dan ketiga untuk tempat ibadah, tingkat keempat untuk melihat pemandangan alam dari ketinggian.

5. Masjid Haji Soenarto

Masjid unik ini berbentuk kapal pesiar yang terletak di atas bukit Kampus Politeknik Bumi AKPELNI, Semarang. Karena posisinya diatas Bukit, dari kejauhan masjid ini seperti terdampar di atas bukit tinggi. 

Nama Haji Soenarto adalah nama warga yang menyumbang donasi terbesar untuk pembangunan masjid ini. Adapun masjid ini terdiri dari empat tingkat.

Tingkat pertama hingga ketiga digunakan untuk tempat ibadah. Sementara itu, tingkat keempat adalah anjungan yang dibuat detail menyerupai kapal asli. 

6. Masjid Raya Sumatera Barat 

Masjid Raya Sumatera Barat memiliki atap berbentuk gonjong yang mencerminkan bentuk rumah adat Minang. Masjid terdiri atas tiga lantai yang dapat menampung 15.000 jamaah. 

Masjid ini resmi digunakan pada 2014 dengan ciri khasnya tidak memiliki tiang di bagian tengah ruangan. Hal ini membuat jamaah tidak terganggu saat beribadah.

Selain itu, masjid ini juga memiliki menara yang menjulang dengan ketinggian 85 m. Terdapat lift sampai ketinggian 44 m untuk jamaah bisa menikmati pemandangan Kota Padang dari atas. 

7. Masjid Aschabul Kahfi Perut Bumi Al-Maghribi

Sumber: youtube ar tvlog