Tol Kahyangan, Jalan Unik Sepanjang 3 Kilometer di Tengah-tengah 4 Puncak Gunung Sekaligus di Jawa Tengah

Tol Kahyangan, Jalan Unik Sepanjang 3 Kilometer di Tengah-tengah 4 Puncak Gunung Sekaligus di Jawa Tengah

Tol Kahyangan -kanal youtube @pecinta alam wisata-

TEGAL, radartegal.disway.id - Sejumlah daerah di Jawa Tengah memiliki pemandangan yang luar biasa indah. Bahkan ada tempat unik yang kini terkenal dengan sebutan Tol Kahyangan saking indahnya.

Tempat tersebut dikelilingi empat gunung sekaligus dan sebuah perbukitan legendaris. Empat gunung yang mengelilingi jalur Tol Kahyangan itu adalah Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, dan Sumbing.

Sedangkan perbukitan yang mengelilinginya adalah Bukit Menoreh, yang dahulu menjadi basis perjuangan salah satu pahlawan nasional, Pangeran Diponegoro. Bisa kita bayangan bagaimana indahnya Tol Kahyangan tersebut.

Tol Kahyangan itu menghubungkan Desa Wonolelo dengan Desa Banyuroto di Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang. Para wistawan melabelinya sebagai jalan tol terindah di Jawa Tengah, bahkan bisa jadi di Indonesia.

Sebenarnya, jalan tersebut merupakan jalur kabupaten sepanjang 3 kilometer. Tetapi karena keberadaannya di ketinggian 1.130 mdpl di lereng Gunung Merbabu, membuat banyak orang yang menyebutnya sebagai Tol Kahyangan.

Apalagi panorama di sekelilingnya yang bisa memanjakan mata, membuat jalan tersebut semakin terkenal dan populer. Untuk memasuki tol terindah ini, kita hanya cukup membayar Rp10.000.

Di sekelilingnya terdapat beraneka macam perkebunan sayur dan pemandangan empat puncak gunung yang gagah menyambut kita saat melintasinya. Selain karena ketinggiannya, julukan kahyangan juga merujuk pada keindahan pemandangannya.

Keunikan Tol Kahyangan berselimut kabut 

Suasana akan semakin kental saat pagi dan sore hari. Wilayah sekitar Tol Kahyangan itu sering diselimuti kabut tipis, yang membuat suasananya persis seperti di negeri kahyangan atau dongeng.

Kendati bukan merupakan jalur seperti lazimnya jalan tol, tetapi jalan ini sudah dicor mulus menuju ke atas perbukitan. Sejak akhir 2021, seiring dengan banyaknya wisatawan yang mengunjunginya, kawasan inipun dikembangkan menjadi bagian dari destinasi wisata Negeri Kahyangan.

Di kawasan wisata Negeri Kahyangan itu, tidak hanya keindahan di Tol Kahyangan yang bisa kita eksplorasi. Melainkan banyak pula aktivitas seperti camping, berfoto, dan menikmati kuliner di atas puncak Bukit Menoreh.

Apalagi saat ini sudah banyak sekali berbagai fasilitas pendukung di Wisata Negeri Kahyangan. Antara lain musala, toilet, dan sejumlah spot foto yang instagramable seperti kastil batu dan kuda terbang.

Tertarik untuk mendatangi Wisata Negeri Kahyangan dengan keunikan Tol Kahyangan? Anda cukup berkendara sekitar 1 jam dari pusat Kota Magelang untuk sampai ke sana.(*)

Sumber: