Video Pengikut Panji Gumilang 'Lempar Jumrah' Beredar, Gede-gedean Infak Sampai Puluhan Miliar

Video Pengikut Panji Gumilang 'Lempar Jumrah' Beredar, Gede-gedean Infak Sampai Puluhan Miliar

Ponpes Al Zaytun-Tangkapan Layar-

RADARTEGAL.DISWAY.ID - Kasus Panji Gumilang dan Pondok Pesantren Al Zaytun masih terus menjadi pembahasan. Belakangan beredar video kegiatan pengikut Panji yang tengah 'lempar jumrah'.

Namun bukan lempar jumrah sebagai rangkaian ibadah haji di tanah suci. Melainkan kegiatan semacam penggalangan dana melalui infak dari para pengikut Panji Gumilang.

Dalam video berdurasi 4:35 menit itu terlihat antrean pria dan wanita bergantian maju ke atas panggung dan mengucapkan nominal yang hendak dimasukkan dalam wadah kotak transparan yang disediakan. Ada yang menaruh uang dalam amplop. Ada yang menaruh uang dalam kantong plastik. 

Tidak tanggung-tanggung, hasil dari kegiatan itu bisa mencari puluhan miliar dalam hitungan jam. Dalam video itu menunjukkan jajaran Ponpes Al Zaytun duduk di kursi paling depan. Tampak hadir di sana Pemimpin Ponpes Al Zaytun Panji Gumilang. 

BACA JUGA:Kasus Al Zaytun Terus Bergulir, Giliran Istri Panji Gumilang yang Dipanggil Bareskrim Polri

Ken Setiawan, mantan NII yang kini mendirikan NII Crisis Center mengunggah video tersebut. Ken menuliskan caption video : "Ritual Melempar Jumrah dalam proses Ibadah haji pada setiap 1 Muharram di Alzaytun," tulis Ken, Minggu 16 Juli 2023. 

Ritual melempar jumrah di Al Zaytun tersebut, menurut Ken, menggunakan semen 7 sak yang diberikan dalam bentuk uang ke dalam kotak. 

"Melempar Jumrah tidak pakai kerikil, tapi pakai 7 sak semen dalam bentuk uang yg dimasukan ke dalam kotak".

Hasil lempar jumrah tersebut kata Ken, dalam hitungan jam bisa mencapai puluhan miliar. 

"Gede gedean infak dan dalam hitungan jam bisa dapat puluhan milyard."

Dalam video yang dia unggah, tampak kegiatan di Pondok Pesantren Al Zaytun tersebut. Sejumlah orang bergantian maju ke atas panggung sambil menaruh amplop dalam kotak bening. Ada Panji Gumilang dalam video tersebut. 

Mengutip dari Disway.id, video dengan latarbelakang suara gamelan itu disebut kegiatan Lempar Jumrah Ibadah Haji 1 Muharram di Ponpes Al Zaytun. 

BACA JUGA:Terkait Dugaan Penodaan Agama, Ini Fatwa MUI tentang Panji Gumilang dan Ponpes Al Zaytun

Tampak beberapa pria tersebut maju ke atas panggung, menghampiri alat pengeras suara lalu berkata;

Sumber: disway.id