Bukan SIM atau STNK, Pelanggaran Lalu Lintas di Purbalingga Malah Didominasi Tidak Kenakan Helm

Bukan SIM atau STNK, Pelanggaran Lalu Lintas di Purbalingga Malah Didominasi Tidak Kenakan Helm

ILUSTRASI - Pelanggaran lalu lintas di Purbalingga didominasi pengendara tidak kenakan helm.-Johnny_px-pixabay

PURBALINGGA, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Bukan tidak miliki SIM atau lupa bawa STNK. Pelanggar lalu lintas di Kabupaten PURBALINGGA malah didominasi oleh pengendara yang tidak kenakan helm.

Data terbaru Satlantas Polres Purbalinga mencatat, jumlah pelanggaran melalui Mobile Sigap Handheld tercapture dalam Operasi Patuh Candi 2023 sebanyak 1.185. 

Dari total jumlah pelanggaran tersebut, kebanyakan tidak memakai helm.

Karena itu Satlantas Polres Purbalingga terus mengedukasi masyarakat pengguna jalan. 

BACA JUGA:Satlantas Polres Tegal Gembleng Pelajar SMA SMK Soal Tertib Berlalu Lintas

Salah satunya dengan cara membagikan helm gratis kepada pengendara yang melintas di Lingkar Selatan Alun-alun  Purbalingga, Sabtu, 15 Juli 2023.

Kasat Lantas Polres Purbalingga AKP Mia Novrila Savitry membeberkan, pengendara sepeda motor masih mendominasi jumlah kecelakaan lalu lintas.

Dalam Operasi Patuh Candi 2023 di Purbalingga, juga didapati masih banyak pengendara yang tidak kenakan helm.

"Sehingga, kami menggencarkan sosialisasi kepada pengendara sepeda motor, untuk patuh aturan lalu lintas," katanya sebagaimana dilansir radarbanyumas.disway.id.

Tekait penggunaan helm, dia menyoroti masih banyaknya pengendara yang tidak mengenakan helm. Menariknya justruk anaknya yang tidak dipakaikan helm saat berboncengan sepeda motor.

BACA JUGA:Langgar Lalu Lintas di Tegal, Siap-siap Difoto Petugas untuk Kirim Surat Tilang

Hal itu menurutnya menjadi ironis, karena tujuan mengenakan helm saat berkendara sepeda motor adalah melindungi kepala, jika terjadi hal yang tak diinginkan.

"Kalau sayang, seharusnya saat memboncengkan anaknya harus dipakaikan helm. Jadi tidak hanya orang tuanya saja, anaknya juga wajib mengenakan helm," jelasnya.

Atas dasar tersebut, Satlantas Polres Purbalingga membagikan helm gratis kepada anak diboncengkan tidak menggunakan helm.

Sumber: