Memiliki 1 Juta Lebih Penduduk, Berikut Ini 10 Kabupaten Terluas di Jawa Tengah

Memiliki 1 Juta Lebih Penduduk, Berikut Ini 10 Kabupaten Terluas di Jawa Tengah

10 Kabupaten Terluas Di Provinsi Jawa Tengah-https://youtu.be/foplhZzxhpI-

Kabupaten Brebes merupakan kabupaten yang bertetangga dengan Kabupaten Tegal. Ibukota dari Kabupaten ini berletak di Kecamatan Brebes Kota. Berdasarkan hasil sensus penduduk Indonesia di tahun 2022, penduduk di Kabupaten ini berjumlah 2.120.759 jiwa.

Brebes juga merupakan Kabupaten dengan jumlah penduduk paling banyak di Jawa Tengah dengan luas wilayah 1902 km2 membuat kabupaten Brebes menjadi kabupaten terluas di urutan ketiga julukan Kabupaten ini adalah Mumbai Van Java dan telur asin sedangkan motto dari  Kabupaten ini adalah bertekad membangun daerah guna mewujudkan kesejahteraan bersama dalam rangka membangun bangsa dan negara.

Kabupaten Grobogan

Kabupaten Grobogan atau lebih dikenal oleh masyarakat umum dengan nama ibukota kabupatennya yaitu Kabupaten Purwodadi merupakan salah satu kabupaten yang berada di provinsi Jawa Tengah.

ibukota dari Kabupaten Grobokan berletak di Kecamatan Purwodadi kota.Melihat data sensus penduduk Indonesia 2020, penduduk Kabupaten Grobogan berjumlah 1.453.526 jiwa dengan kepadatan penduduk mencapai angka 719 jiwa per km2.

Dengan luas wilayah dari Kabupaten ini yakni 2.013km2 menjadikan kabupaten Grobogan Kabupaten terluas di urutan kedua di provinsi Jawa Tengah.

Motto Kabupaten ini adalah tekad yang kuat untuk membangun daerah harus dilandasi dengan kerja keras. 

BACA JUGA:Awas! Selain Jakarta 5 Daerah di Indonesia Ini Berpotensi Tenggelam

Kabupaten Cilacap

Dan yang terakhir adalah Kabupaten Cilacap. Ibukota dari Kabupaten Cilacap adalah kota Cilacap.

Kabupaten ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Brebes dan Kabupaten Banyumas, di Utara Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Kebumen Samudra Hindia di selatan serta Kabupaten Ciamis Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran di sebelah barat.

Dengan luas wilayahnya yang mencapai  2.124 km2 menempatkan kabupaten Cilacap Kabupaten terluas di urutan pertama di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Cilacap juga terkenal dengan julukan kota bercahaya dan kota seribu PLTU.

Demikian informasi mengenai 5 Kabupaten terluas di Jawa Tengah, semoga artikel ini dapat bermanfaat.***

Sumber: https://youtu.be/foplhzzxhpi