Awas! Selain Jakarta 5 Daerah di Indonesia Ini Berpotensi Tenggelam

Awas! Selain Jakarta 5 Daerah di Indonesia Ini Berpotensi Tenggelam

5 Daerah di Indonesia yang Berpotensi Tenggelam-https://www.youtube.com/watch?v=OhUc2q-Fwf4&pp=ygUnZGFlcmFoIHlhbmcgYWthbiB0ZW5nZ2VsYW0gZGkgaW5kb25lc2lh-

Tegal, radartegal.disway.id - Bahas 5 Daerah Indonesia yang berpotensi tenggelam. 

Indononesia merupakan negara yang memiliki banyak pulau tercatat menurut data terbaru di tahun 2023, sudah ada 17.000 pulau yang berada di Indonesia. Tak heran jika banyak sekali daerah yang berdekatan dengan pesisir pantai.

Namun sebenarnya ada bahaya tersendiri tinggal di daerah pesisir pantai atau berdekatan dengan laut. Contohnya seperti yang sudah beredar di berita mengenai Kota Jakarta yang akan tenggelam 10 atau 20 tahun kedepan. Namun perkiraan tenggelamnya Jakarta masih terhitunhg ramalan saja.

Lalu apakah hanya Jakarta saja yang akan tenggelam di Indonesa?, rupanya sudah ada daerah yang berpotensi tenggelam selain Jakarta bahkan sudah tenggelam dan ditinggalkan oleh para penghuninya. Contohnya 5 daerah indonesia yang sudah tenggelam dan akan kami bahas pada segmen pembahasan di bawah ini.

5 Daerah di Indonesia yang Sudah Tenggelam

Demak

Demak merupakan salah satu wilayah Kabupaten di Jawa Tengah. Abrasi atau pengikisan daratan yang disebabkan oleh air laut di pesisir pantai utara (Pantura) Jawa mengancam wilayah Kabupaten Demak Jawa Tengah tenggelam.

Jika hal ini tidak segera ditanggulangi maka dalam 10 sampai tahun kedepan akan menyebabkan daerah tersebut terkikis habis dan akhirnya tenggelam. Abrasi yang terjadi disini merupakan abrasi yang terparah di Jawa dan Indonesia.

Beberapa faktor yang menyebabkan abrasi ini adalah penururan permukaan tanah, naiknya suhu bumi, pembangunan pada kawasan itu yang dilakukan secara besar-besaran.

Akibat dari abrasi ini setiap tahun rata-rata daratan terkikis 100 meter, akibatnya garis pantai selalu bergeser. Adapun akibat dari abrasi ini yakni merusak kawasan pemukiman warga. Banjir rob yang sering terjadi mengakibatkan warga mengungsi dan mulai meninggalkan pesisir pantai.

BACA JUGA:Bukan Genangan Air Rob, Pantai Widuri Pemalang Malah Banjir Bikers saat Petir Rayakan Anniversary 2 Dekade

Pekalongan

Pekalongan merupakan kota yang berada di pesisir pantai pantura Jawa Tengah yang kian mengalami penururan permukaan tanah serta kenaikan air laut. Kota Pekalongan diprediksi tenggelam dalam beberapa puluh tahun yang akan datang.

Terjadinya penurunan permukaan tanah sebanyak 6 cm pertahun di sepanjang pesisir pantai Pekalongan. Hal ini dikhawatirkan pemerintah, jika tak mendapat penanganan yang tepat untuk mengatasi masalah ini.

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=ohuc2q-fwf4&pp=ygunzgflcmfoihlhbmcgywthbib0zw5nz2vsyw0gzgkgaw5kb25lc2lh