Memiliki 1 Juta Lebih Penduduk, Berikut Ini 10 Kabupaten Terluas di Jawa Tengah

Memiliki 1 Juta Lebih Penduduk, Berikut Ini 10 Kabupaten Terluas di Jawa Tengah

10 Kabupaten Terluas Di Provinsi Jawa Tengah-https://youtu.be/foplhZzxhpI-

Tegal, radartegal.disway.id - Jawa Tengah merupakan sebuah wilayah provinsi yang berletak di tengah pulau Jawa. Dengan Ibu kotanya yakni Kota  Semarang, wilayah Jawa Tengah memiliki luas 32.800 km2 menjadikan Provinsi Jawa Tengah memiliki 29 Kabupaten dan 6 Kotamadya.

Dilansir dari data Badan Pusat Statistik provinsi Jawa Tengah serta video chanel YouTube daftar fakta unik.

Radar Tegal Disway telah merangkum 10 Kabupaten terluas di provinsi Jawa Tengah:

Kabupaten Kendal

Kendal adalah sebuah kabupaten di provinsi Jawa Tengah yang ibukotanya adalah Kecamatan Kendal yang masuk kedalam wilayah Metropolitan gedung sepur yang menjadi wilayah Metropolitan terbesar nomor 4 setelah Jabodetabek munjur gerbang Kerto Susila dan cekungan Bandung.

Kabupaten Kendal terkenal sebagai Kota Santri karena memiliki  ribuan Pondok pesantren, terutama di kecamatan Kaliwungu. Kabupaten ini juga dikenal dengan kota seni dan budaya.

Dengan luas wilayah 1.118 km2 Kabupaten ini menjadi kabupaten terluas di urutan ke-10 di provinsi Jawa Tengah 

Kabupaten Pemalang

Merupakan salah satu kabupaten di provinsi Jawa yang berada di jalur utama Pantura yang menghubungkan Jakarta Semarang Surabaya. Ibukota kabupaten Pemalang terletak di kota Pemalang yang memiliki luas wilayah 1.119 km2 menjadikan Kabupaten Pemalang Kabupaten terluas di urutan ke-9 di provinsi Jawa Tengah julukan pada Kabupaten ini adalah kota nanas.

Kabupaten Kebumen

Kabuoaten Kebumen merupakan wilayah kabupaten yang berlokasi di provinsi Jawa Tengah. Kecamatan Kebumen Kota menjadi ibukota Kabupaten Kebumen.

Kabupaten ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Banjarnegara di sisi utara Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Purworejo di sisi timur. Samudra Hindia di selatan serta Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Banyumas di sebelah barat 1.211 km2 Kabupaten Kebumen menjadi kabupaten terluas di urutan ke-8 di provinsi Jawa Tengah julukan Kabupaten ini adalah burung walet.

Kabupaten Banyumas

merupakan wilayah kabupaten yang berlokasi di provinsi Jawa Tengah. ibukotanya adalah kota Purwokerto.

Sumber: https://youtu.be/foplhzzxhpi