Cuma Butuh Waktu 5 Menit, Pemotongan Hewan di RPH Modern Brebes Dinilai Sangat Cepat

Cuma Butuh Waktu 5 Menit, Pemotongan Hewan di RPH Modern Brebes Dinilai Sangat Cepat

LEBIH CEPAT - Dengan alat modern, pemotongan hewan kurban di RPH Modern Brebes bisa lebih cepat dari biasanya.-Tangkapan Layar-

BREBES, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Cuma butuh waktu 5 menit, seekor sapi kurban di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Modern Brebes selesai dipotong. Durasi waktu tersebut dinilai lebih cepat dari Pemotongan Hewan biasanya.

Karena kecepatan tersebut, menurut Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Brebes drh Ismu Broto mengatakan, RPH modern milik Pemkab Brebes sehari bisa memotong puluhan ekor sapi.

Hal ini, kata dia, karena alat pemotongan yang ada di RPH Modern bisa membantu kinerja para juru sembelih. Terutama saat perayaan Hari Raya Idul Adha tahun ini.

Hari raya kurban tahun ini, RPH mampu menyembelih sapi mencapai 40 ekor. Ini meningkat dibandingkan tahun lalu, sebanyak 33 ekor sapi,” ungkapnya, Kamis 29 Juni 2023.

Dia menjelaskan, dalam proses penyembelihan hewan kurban di RPH tidak membutuhkan waktu yang lama. Juru Sembelih Halal (Juleha) hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit. ]

Sementara pemotongan daging menjadi beberapa bagian cukup 15 menitan. Sebelum disembelih, lanjut Ismu, hewan kurban dicek kesehatannya melalui pemeriksaan antemortem yakni dengan melihat fisik hewan. 

Seperti melihat tanda-tanda penyakit dan pemeriksaan kesehatan hewan.

“Meski, belum ditemukan sapi yang berpenyakit. Namun, bila ada cacing hati, maka bagian yang kena (cacing hati), akan kami buang, sementara yang tidak terkena boleh untuk dikonsumsi,” jelasnya.

BACA JUGA:Luar Biasa! Sultan di Kabupaten Tegal Berkurban Sapi Seberat 1,4 Ton, Terbesar di Indonesia

Tujuan pemeriksaan hewan kurban, imbuhnya, untuk menghindari hewan sapi yang berpenyakit. Hak itu, karena tidak layak untuk dikonsumsi manusia. Seperti penyakit lato-lato dan penyakit mata dan kuku (PMK).

“Sementara di Kabupaten Brebes, sudah ada 290 Juleha yang disebar ke seluruh kecamatan yang ada. Tujuannya, untuk membantu pemotongan yang halal dan sehat,” tandasnya.

Diketahui, RPH di Kelurahan Limbangan Wetan Kecamatan Brebes memang memiliki alat pemotongan hewan yang modern. Sehingga, pemotongan hewan kurban bisa lebih cepat.

Dalam perayaan Idul Adha 1444 Hijriyah ini, RPH Modern Kabupaten Brebes menjadi salah satu tempat yang diminati oleh warga yang akan berkurban.

Di RPH ini, selain memotong hewan kurban seperti sapi dan kambing, pemeriksaan kesehatan hewan di sini juga dilakukan. Termasuk juru sembelih halal sudah bersertifikat. ***

Sumber: