Anggaran Dana Desa Tak Mencukupi, Jalan Desa di Kabupaten Tegal Diperbaiki Tentara

Anggaran Dana Desa Tak Mencukupi, Jalan Desa di Kabupaten Tegal Diperbaiki Tentara

PENUTUPAN - Kasdim 0712 Tegal Mayor CBA Eko Budi Sardjono didampingi sejumlah kepala OPD dan Kepala Desa Sokatengah memukul kentong tanda penutupan program TMMD Sengkuyung, Kamis, 8 Juni 2023.-YERI NOVELI/RADAR SLAWI-

BUMIJAWA, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Warga Desa Sokatengah Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal sujud syukur setelah jalan di desanya diperbaiki oleh anggota TNI melalui Program Tentara Nasional Indonesia Manunggal Membangun Desa (TMMD).

"Alhamdulillah jalan desa kami sepanjang 1.825 meter x 3 meter sudah bagus. Sudah diperbaiki TNI melalui Program TMMD Sengkuyung Tahap 1 tahun 2023," kata Kepala Desa Sokatengah Ali Ghufron, usai Upacara Penutupan TMMD Sengkuyung, di lapangan desa setempat, Kamis, 8 Juni 2023.

Dia menuturkan, jalan desa itu sebelumnya merupakan jalan setapak di tengah sawah. Semula akan diperbaiki menggunakan Dana Desa (DD), namun anggarannya tidak mencukupi. 

"DD tidak mampu, akhirnya kami mendapat bantuan dari program TMMD," ujarnya.

Ali Ghufron mewakili masyarakat Desa Sokatengah mengucapkan bersyukur karena jalan itu sekarang bisa digunakan untuk kendaraan roda dua dan empat. Bahkan jalan itu sekarang bisa menghubungkan antar beberapa desa. 

BACA JUGA:WAUUW! Crazy Rich Lebo Batang Hibahkan Dana 1 Miliar untuk Perbaikan Jalan Desa

Mulai dari Bumijawa, Sumbaga, Sokasari, Sokatengah hingga ke Slawi yang merupakan Ibu Kota Kabupaten Tegal.

"Jalan ini merupakan akses pendidikan, perekonomian dan pertanian," imbuhnya.

Komandan Kodim 0712 Tegal Letkol Inf Charlie Clay L Sondakh melalui Kasdim 0712 Tegal Mayor CBA Eko Budi Sardjono mengatakan tujuan TMMD ini untuk mempercepat pembangunan sarana prasarana dan infrastruktur di wilayah yang masih membutuhkan.

"Saya bangga, berkat kerja sama dan kerja keras para anggota TNI-Polri, pemda dan masyarakat, sasaran TMMD baik fisik maupun nonfisik dapat tercapai dengan baik," kata Mayor CBA Eko Budi Sardjono saat membacakan Amanat Pangdam IV Diponegoro Mayjend TNI Widi Prasetijono, saat upacara penutupan tersebut.

Komandan Koramil Bumijawa, Kapten Inf Sulistyo dalam laporannya mengatakan,  sasaran fisik sudah diselesaikan 100 persen. Di antaranya, proverling dan shandseet ukuran panjang 1.811 meter, lebar 3 meter dan tinggi 0,02 meter.

BACA JUGA:Rusak Parah, DPRD Kabupaten Tegal Desak Perbaikan Jalan Banjaran-Balamoa

Waktu pelaksanaan dikerjakan sejak 10 Mei hingga 8 Juni 2023. Adapun sumber anggarannya, dari APBD Provinsi Jateng Rp137.200.000, APBD Kabupaten Tegal Rp160.000.000 dan aspal 181 drum Rp380.100.000.

"Total anggaran sebesar Rp677.300.000," tandasnya. ***

Sumber: