Gak Lagi Takut Belajar, Ini 7 Tips yang Bisa Bikin Kamu Langsung Jago Menyetir Mobil Manual

Gak Lagi Takut Belajar, Ini 7 Tips yang Bisa Bikin Kamu Langsung Jago Menyetir Mobil Manual

Gak Lagi Takut Belajar, Ini 7 Tips yang Bisa Bikin Kamu Langsung Jago Menyetir Mobil Manual--Image Edit Using CorelDraw|Dimas Adi Saputra

RADAR TEGAL - Masifnya peminat mobil manual di Indonesia, membuat banyak konsumen yang notabenya firs buyer untuk membelinya. Menyetir mobil manual bisa dibilang memiliki sensasi dan kesenangannya sendiri.

Menurut beberapa pemilik mobil manual, mengendarai mobil tersebut seperti ada tantangan dan rasa kepuasan tersendiri. Menyetir mobil manual tidakk hanya menjadi keharusan bagi mereka melainkan sudah seperti hobi.

Sayangnya masih banyak pembeli pertama atau first buyer yang masih takut untuk belajar menyetir mobil manua. Padahal menyetir mobil bertransmisi manual tidak sesulit dan semenyeramkan seperti yang banyak orang pikirkan.

Berikut Radar Tegal sudah mengutip informasi dari salah satu video Youtube dari chanel Ss march family yang membahas topik yang sama. Simak penjelasannya dibawah ini;

BACA JUGA: 7 Rahasia Nyetir Mobil Agar Hemat BBM, Dijamin Mobil Langsung Alergi Mampir SPBU

7 tips nyetir mobil manual 

1. Kuasai Gerakan Kaki dengan Benar

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk belajar mobil manual adalah dengan menguasai gerakan kaki dengan benar. Koordinasi kaki yang bagus dapat membantu Anda mengendari mobil manual menjadi lebih enak.

Cobalah untuk melatih gerakan kaki seperti menginjak kopling, rem, dan gas secara berulang-ulang hingga menjadi refleks. Pastikan kaki kanan Anda selalu siap di atas pedal gas saat kopling diinjak, dan kaki kiri Anda selalu siap di atas pedal rem saat kopling dilepas.

2. Hafalkan Perpindahan Gigi

Jika gerakan kaki sudah cepat dan benar, selanjutnya Anda bisa menghafalkan perpindahan gigi agar lebih jago menyetir mobil manual. Coba belajar dari mulai gigi 1 hingga gigi 5.

BACA JUGA: Viral di IG, Video Kakek-kakek Mengendarai Mobil Dikejar Warga Usai Tabrak 10 Kendaraan di Pemalang

Latih perpindahan gigi dengan halus dan perhatikan putaran mesin yang ideal. Anda bisa menggunakan teknik "senggol kopling" untuk perpindahan gigi yang lebih halus, dengan begitu mobil bisa melaju tanpa macet.

3. Latih Penglihatan yang Tepat

Sumber: