Aspal Susut, Jalan Protokol di Tegal Mulai Diperbaiki

Aspal Susut, Jalan Protokol di Tegal Mulai Diperbaiki

Sejumlah pekerja tengah melakukan perbaikan ruas jalan Protokol di Kota Tegal--

RADAR TEGAL - Salah satu ruas jalan Protokol tepatnya di Jalan Pangeran Diponegoro Kota Tegal mulai diperbaiki. Pasalnya, ruas jalan tersebut mengalami penyusutan aspal.

Kepala Bidang Bina Marga DPUPR Kota Tegal, Setia Budi mengatakan pihaknya melakukan pemeliharaan rutin pada ruas Jalan Diponegoro, Kamis 2 Mei 2024. Pekerjaan, berupa pelapisan jalan yang sudah susut dengan aspal sand sheet (dua sentimeter)

"Untuk di Jalan Diponegoro yang dilakukan pelapisan panjangnya sekitar 300 meter persegi. Pekerjaan menggunakan anggaran sebesar Rp 50 juta," katanya.

Menurut Setia Budi, pihaknya juga melakukan pemeliharaan lain. Yakni, berupa pemasangan trucuk doklen atau kisdam di Jalan Brawijaya 2, Kelurahan Muarareja, Kecamatan Tegal Barat. 

BACA JUGA: Sempat Terhenti Karena Lebaran, Perbaikan Jalan Balamoa-Pangkah Kabupaten Tegal Akhirnya Mulai Dilanjutkan

"Di lokasi tersebut itu, trucuk dolken dan kantong-kantong pasir dipasang pada sisi kanan dan kiri, sepanjang kurang lebih 100 meter. Dengan total anggaran sebesar Rp 25 juta," katanya.

Pemasangan itu dilakukan, kata Setia Budi, mengingat tanggul jalan tersebut rusak akibat erosi tambak. Sehingga, pihaknya berharap para pemilik tambak dapat ikut memelihara terkait dengan kestabilan talud jalan. 

“Mungkin bisa membuat tanggul dari tanah dan menanam pohon bakau. Sehingga talud-laud jalan ini tidak mudah tergerus oleh air tambak,” ujarnya.

Setia Budi menegaskan tahun ini, Bidang Bina Marga melakukan pemeliharaan lain. Yakni, berupa pemeliharaan berkala jalan, rekonstruksi jalan dan pembangunan serta penanganan jembatan. 

BACA JUGA: Tuntut Perbaikan Jalan di Pantura Kabupaten Tegal, Warga Ngadu ke DPRD

Dia mengungkapkan, beberapa kegiatan sudah berkontrak dan berjalan pelaksanaan konstruksinya. Baik di wilayah Kecamatan Tegal Timur, Selatan dan Kecamatan Margadana. 

"Selama perbaikan-perbaikan ruas jalan termasuk jalan Protokol di Tegal, kami menyampaikan permohonan maaf. Apabila pekerjaan mengganggu aktivitas masyarakat," pungkasnya. (*)

Sumber: