Rentan Terserang Penyakit, 34 Hewan Kurban di Kota Tegal Diperiksa Petugas

Rentan Terserang Penyakit, 34 Hewan Kurban di Kota Tegal Diperiksa Petugas

--

TEGAL, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Rentan terserang penyakit menjelang Idul Adha, 34 hewan kurban di Kota Tegal diperiksa petugas. Selain untuk memastikan kesehatan hewan kurban, pemeriksaan juga dilakukan untuk mengantisipasi adanya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dan penyakit Lumpy Skin Disease (LSD) atau koreng.

Sejauh ini, di Kota Tegal memang belum pernah ada.

"Langkah ini merupakan indakan pencegahan dan pemantauan kesehatan hewan secara rutin," ungkap

Plt Kepala Bidang Pertanian dan Peternakan DKPPP Kota Tegal drh Liza Atikah, Rabu, 7 Juni 2023.

Diakuinya, selain PMK, hewan yang akan dijadikan kurban saat Idul Adha nanti juga rentan terserang LSD atau koreng. Karenanya, untuk mengantisipasinya dinas terkait melakukan pemeriksaan kesehatan hewan di sejumlah peternakan di Kota Tegal.

Selain pemeriksaan, petugas juga memberikan obat cacing dan disinfektan. Hal itu, juga untuk mencegah penyakit lainnya pada hewan kurban.

BACA JUGA:Rutin Dapat Suplai Obat dan Vitamin, Hewan Kurban di Kota Tegal Dipastikan Bebas Penyakit Mulut dan Kuku

Drh Liza mengatakan, menjelang Idul Adha, pihaknya intens melakukan pemeriksaan terhadap hewan kurban. Bukan hanya dari dalam melainkan juga dari luar kota.

"Pemeriksaan kesehatan ini kita lakukan untuk memastikan calon hewan kurban di Kota Tegal dalam kondisi sehat,"katanya.

Menurut Liza, sejauh ini di Kota Tegal terdapat 397 peternakan. Dengan rincian 7 peternakan sapi, 198 peternakan kambing, dan 192 peternakan domba. 

"Pemeriksaan sebenarnya kita lakukan secara rutin setiap 3 bulan sekali. Sekaligus membagikan obat cacing, vitamin dan disinfektan," jelasnya.

Adapun pada Rabu 7 Juni 2023 ini, kata Liza, pihaknya melakukan pemeriksaan terhadap 34 kambing di salah satu peternakan. Hasilnya, semua dalam kondisi sehat dan tidak ada yang mengalami penyakit tertentu.

Sementara pemilik peternakan kambing Abdul Latip mengatakan, setiap tahun dia menyediakan 150 ekor kambing. Untuk saat ini yang berada di kandang baru 34 ekor.

"Biasanya seperti tahun yang sudah-sudah kita sedia 150 dan habis. Tahun ini kita baru ada 34 ekor,"ujar Latip.

Sumber: