Dekat Masjid Nabawi, Sebagian Jemaah Haji Indonesia Nikmati Hotel Bintang Lima

Dekat Masjid Nabawi, Sebagian Jemaah Haji Indonesia Nikmati Hotel Bintang Lima

BINTANG LIMA- Kloter 24 asal Embarkasi Jakarta (JKH 24) adalah di antara rombongan jemaah haji yang berkesempatan menginap di hotel bintang lima selama di Madinah. -KEMENAG RI-

RADARTEGAL.DISWAY.ID - Jemaah haji Indonesia tahun ini nampaknya benar-benar mendapatkan kenyamanan seperti yang dijanjikan pemerintah. Salah satunya saat di Madinah

Sebagian jemaah haji dilaporkan menikmati hotel bintang lima yang dekat dengan Masjid Nabawi. Hal ini seperti keterangan resmi dari Kementerian Agama (Kemenag) RI.

Dari situs resminya disebutkan, Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi sejak awal berkomitmen memberikan layanan terbaik untuk jemaah. Karenanya, selain berada di wilayah ring satu (markaziyah), layanan yang diberikan juga minimal setara hotel bintang tiga.

"Bahkan, seperti tahun sebelumnya, sejumlah jemaah haji Indonesia juga merasakan menginap di hotel bintang lima selama di Madinah yang berlokasi di kawasan Markaziyah, berdekatan dengan Masjid Nabawi," terang Kasi Pelayanan Akomodasi Daker Madinah Ali Machzumi usai meninjau hotel jemaah, Senin, 5 Juni 2023.

BACA JUGA:Penyakitnya Kambuh, Jemaah Calon Haji asal Kota Tegal Terpaksa Tertahan di Medan

Kloter 24 asal Embarkasi Jakarta (JKH 24) adalah di antara rombongan jemaah haji yang berkesempatan menginap di hotel bintang lima selama di Madinah. Mereka sangat bersyukur bisa merasakan fasilitas ini.

Tahun ini, sekitar 180 ribu jemaah menempati hotel dengan sistem sewa full musim. Sementara 49 ribu jemaah lainnya, dengan sistem blocking time.

Menurutnya, pola penyediaan akomodasi untuk jemaah haji di Madinah, menggunakan dua pendekatan. Full musim dan blocking time atau semi full musim.

“Jemaah haji yang mendapatkan penginapan dengan sistem blocking time, bisa dapat pelayanan hotel bintang lima,” tuturnya.

Majmuah, kata Ali, rata-rata memiliki hotel-hotel berkelas di Madinah. Harga yang ditawarkan juga kompetitif.

“Sejumlah majmuah memiliki hotel berbintang, sehingga jemaah haji dapat tinggal di bintang lima,” sambungnya.

Meski demikian, Ali mengatakan bahwa fokus PPIH adalah memberikan layanan terbaik kepada semua jemaah haji, baik yang menempati hotel setara bintang tiga, empat, maupun lima. Kementerian Agama sejak awal berkomitmen memberikan pelayanan maksimal kepada jemaah haji Indonesia.

“Pelayanan kepada jemaah, salah satunya menyiapkan sejumlah hotel di kawan markaziyah, dekat dengan Masjid Nabawi dan inilah yang kita utamakan untuk jemaah,” jelasnya.

BACA JUGA:Aturan Jemaah Haji Lansia Tanpa Pendamping Direspon Menko PMK: Cukup Bagus

Sumber: