Khatam Quran, 6 Pelajar SMP di Tarub Kabupaten Tegal Dapat Beasiswa

Khatam Quran, 6 Pelajar SMP di Tarub Kabupaten Tegal Dapat Beasiswa

PENGHARGAAN - Kepala SMP NU 01 Hasyim Asy'ari Tarub, H. Maknun saat memberikan penghargaan kepada para siswanya yang berprestasi, Sabtu, 3 Juni 2023.-YERI NOVELI/RADAR SLAWI-

TARUB, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Sedikitnya 6 pelajar SMP NU 01 Hasyim Asy'ari Tarub Kabupaten Tegal mendapat beasiswa karena khatam Al Quran atau Khotmil Quran

Beasiswa itu diberikan seiring acara Khotmil Quran Bil Ghoib Juz 30 dan 1 serta Pelepasan Siswa Kelas IX di sekolah setempat, Sabtu, 3 Juni 2023.

"Di tahun ini yang dapat beasiswa dari sekolah sebanyak 6 anak. Mereka dapat beasiswa karena khotmil quran," kata Kepala SMP NU 01 Hasyim Asy'ari Tarub H. Maknun.

Selain 6 siswa itu, pihak sekolah juga memberikan penghargaan kepada 10 siswa kelas IX yang berprestasi. Maknun berharap, para siswa yang telah lulus dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

"Harapan kami, mereka bisa melanjutkan sekolah di SMA atau SMK Hasyim Asy'ari Tarub," ucapnya.

BACA JUGA:Tes Seleksi Kepala SD dan SMP di Kabupaten Tegal Dipertanyakan, Kenapa ya?

Maknun mengungkapkan, jumlah siswa di sekolah yang dipimpinnya itu total sebanyak 916 anak. Sedangkan untuk siswa kelas IX yang lulus 339 anak.

"Kami merintis sekolah ini sejak tahun 1994. Waktu itu siswanya hanya 26 anak. Dan sekarang alhamdulillah menjadi 916 anak," ucapnya bersyukur.

Menurut Maknun, bertambahnya siswa itu seiring dengan fasilitas akademik di sekolahnya yang setiap tahun selalu bertambah. Tahun ini pihaknya juga akan membuka kelas unggulan OSN seperti IPA, Matematika dan IPS. 

"Ini akan kami masukkan ke ekskul. Untuk semua jenjang," sambungnya.

Dirinya tak menampik, sejatinya sarana dan prasarana di SMP NU 01 Hasyim Asy'ari Tarub ini sudah cukup baik. Namun, pihaknya masih membutuhkan ruang laboratorium komputer, IPA dan Bahasa.

"Sebenarnya ruangan untuk Lab IPA sudah ada, tapi tidak layak. Semoga ada bantuan dari pemerintah," harapnya.

BACA JUGA:Pengumuman OSN SMP 2023 Sudah Keluar, 2.293 Peserta Berhak Melaju ke Provinsi

Sementara, Ketua Panitia Khotmil Quran dan Pelepasan Siswa Kelas IX Muhammad Asrori mengatakan, acara ini dimeriahkan dengan penampilan hadroh siswa, prosesi khotmil quran, tari zapin, drama menggunakan Bahasa Inggris, modern dance, candy dance, paduan suara dan sejumlah pentas lainnya.

Sumber: