Hafiz dan Hafizah Alquran di Kabupaten Tegal Siap Khataman Quran Sekali Sebulan di Setiap Kecamatan

Hafiz dan Hafizah Alquran di Kabupaten Tegal Siap Khataman Quran Sekali Sebulan di Setiap Kecamatan

--

SLAWI, radartegal.com - Ratusan penghafal Alquran atau hafiz dan hafizah se-Kabupaten Tegal berencana menggelar acara rutin hhotmil quran. Khataman Alquran ini akan digelar sekali setiap bulan di masjid masing-masing kecamatan.

Khotmil quran ini merupakan kesepakatan antara hafiz dan hafizah bersama pemuka agama dan tokoh masyarakat di Kabupoaten Tegal. Kegiatan ini diinisiasi Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tegal.

Mengawali ini, Bupati Tegal Umi Azizah membuka kegiatan perdana Khotmil Quran di Masjid Al-Hajj, kompleks Alun-alun Hanggawana Slawi pada, Minggu pagi 4 September 2022. Tampak hadir sejumlah pejabat Kantor Kemenag Kabupaten Tegal dan para hafiz serta hafizah.

Umi yang juga Ketua Umum PC Muslimat NU Kabupaten Tegal menyampaikan harapan besarnya terkait kegiatan khataman Alquran ini khususnya dalam membangun mental-spiritual umat muslim.

“Pembacaan Alquran secara berjamaah sampai khatam ini sangat berdampak nyata dalam proses internalisasi nilai-nilai spiritual, baik bagi yang membacanya maupun mereka yang ikut menyimak atau mendengarkan,” tutur Umi.

Ia pun berharap kegiatan seperti ini bisa mendapat dukungan dari berbagi pihak, sehingga syiar agama Islam melalui kegiatan rutin khotmil quran bisa memberikan dampak positif secara luas.

“Saya meyakini, Kabupaten Tegal akan semakin teduh dan kondusif seiring menggemanya bacaan ayat-ayat suci Alquran di masjid-masjid,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tegal Akhmad Farkhan menuturkan jika kegiatan rutin khotmil quran ini merupakan bagian dari upaya untuk membumikan spirit Alquran di tengah situasi dan kondisi sosial yang cenderung materialistik dan hedonis.

Selain itu, sambung Farkhan, dengan semakin gencarnya kegiatan pembacaan ayat-ayat suci Alquran bisa menjauhkan masyarakat dari berbagai bencana, baik bencana alam maupun bencana sosial.

“Semoga lewat kegiatan seperti ini kita bisa tetap istikamah, terhindar dari segala musibah atapun bencana,” tuturnya.

Secara terpisah Pengurus Jamiyah Qurro’ Wal Huffadz Nahdlatul Ulama (JQHNU) Kabupaten Tegal Muchsin Abdillah menyambut baik penyelenggaraan kegiatan khataman Alquran ini.

“Apresiasi yang setinggi-tingginya kami sampaikan kepada jajaran Kantor Kemenag dan Pemkab Tegal. Kami berharap, melalui kegiatan Khotmil Quran yang diselenggarakan rutin setiap bulannya ini mampu bersinergi dengan kegiatan JQHNU yang juga ada tiap-tiap kecamatan,” pungkas Muchin. (*)

Sumber: