Berbeda, Idul Adha 2023 Diprediksi Sama Seperti Pelaksanaan Idul Fitri

Berbeda, Idul Adha 2023 Diprediksi Sama Seperti Pelaksanaan Idul Fitri

ilustrasi hewan kurban--

RADARTEGAL.DISWAY.ID - Sama seperti saat Hari Raya Idul Fitri 2023, penetapan Idul Adha 2023 juga diprediksi bakal berbeda. Hal ini terjadi akibat perbedaan metode penetapan antara pemerintah, PBNU dan Muhammadiyah.

Prediksi tersebut disampaikan Pakar Astronomi sekaligus Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama (Kemenag) Thomas Djamaluddin. Thomas Djamaluddin memperkirakan Hari Raya Idul Adha 2023 akan jatuh pada 29 Juni.

"Baik dengan kriteria MABIMS maupun kriteria Odeh (pakar astronomi) menunjukkan bahwa pada 18 Juni 2023, hilal tidak mungkin terlihat di wilayah Indonesia dan Asia Tenggara secara umum," kata Thomas dalam blognya.

"Jadi 1 Dzulhijjah 1444 berdasarkan hisab imkan rukyat MABIMS pada 20 Juni 2023 dan Idul Adha pada 29 Juni 2022," sambungnya.

Selama ini, pemerintah dan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) memakai kriteria rukyat atau penampakan hilal atau bulan sabit tipis yang merupakan penanda bulan baru.

BACA JUGA:Idul Adha, Momen Memupuk Spirit Rela Berkorban dan Tumbuhkan Kepedulian Sosial

Patokannya adalah kesepakatan Menteri-menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, Singapura (MABIMS) dalam menentukan awal bulan hijriah. Syarat bulan baru dalam kriteria ini adalah ketinggian hilal 3 derajat dan elongasi atau sudut bulan-matahari 6,4 derajat.

Sementara, Muhammadiyah menganut wujudul hilal yang berarti cukup berdasarkan perhitungan rumus astronomi tertentu untuk memprediksi kemunculan bulan baru. Berdasarkan perhitungan Thomas, ketinggian hilal di Aceh pada saat magrib 18 Juni (29 Zulkaidah) hanya 2,1 derajat.

"Tinggi tersebut terlalu rendah sehingga hilal yang sangat tipis tidak mungkin mengalahkan cahaya syafak (cahaya senja) yang masih cukup kuat," ujar dia.

Sehingga, secara astronomis tidak mungkin ada kesaksian hilal pada 18 Juni.

"Sehingga bulan Dzulqa'dah digenapkan 30 hari dan 1 Dzulhijjah jatuh pada hari berikutnya, yaitu 20 Juni. Dengan demikian Idul Adha diperkirakan pada 29 Juni."

BACA JUGA:Idul Adha, Nasmoco Tegal Berbagi Daging Hewan Kurban

Namun, Profesor Riset Astronomi-Astrofisika Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) ini menyebut kepastian tanggal untuk Hari Raya Idul Adha 2023 masih perlu menunggu sidang isbat.

Sementara itu, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah sendiri sudah jauh-jauh hari menetapkan tanggal Idul Adha 2023 yakni pada 28 Juni.

Sumber: