Bocah 3 Tahun asal Brebes Alami Gizi Buruk, Asupan Makanan Lewat Selang Khusus

Bocah 3 Tahun asal Brebes Alami Gizi Buruk, Asupan Makanan Lewat Selang Khusus

GIZI BURUK- Kondisi balita 3 tahun asal Brebes yang tinggal di Kota Tegal memprihatinkan. Kondisi kakinya pun kini bengkok setelah mengalami gizi buruk.-Istimewa-

TEGAL, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Bocah 3 tahun asal Brebes alami gizi buruk. Bahkan, karena kondisinya, balita bernama Cintya Rizki Azalia itu hanya bisa menerima asupan makanan melalui selang khusus NGT.

Kondisi putri pasangan Isfandi, 49, dan Lina Handayani, 37, memprihatinkan lantaran tidak tumbuh seperti balita sesuainya. Padahal gadis cilik ini terlahir normal dengan berat badan 2,7 kilogram.

Menurut sang ayah, saat berusia 2 tahun lebih 5 bulan atau sekitar Agustus 2022 lalu anaknya mengalami sakit panas, pilek hingga kejang.

“Saya kemudian membawanya ke RSUD Brebes. Dokter memberikan perawatan dengan memberikan susu formula selama 3 hari. Namun, dampaknya tidak bisa buang air besar,”katanya.

Sejak saat itu, putrinya terlihat kesulitan hingga hampir kehabisan tenaga setiap kali hendak buang hajat. Saat itulah, dokter menyatakan anaknya mengalami gizi buruk.

BACA JUGA:Ambruk Karena Bencana, Beton Pembatas Ombak di PAI Tegal Masih Mangkrak

Akibat sakitnya itu, kata Isfandi, anaknya itu belum bisa bicara dan baru bisa menangis. Itu pun setelah dia membawanya berobat ke RSUD Kardinah Kota Tegal.

Balitanya mengalami gizi buruk dan stunting sejak 8 bulan lalu. Badannya kurus dengan kaki bengkok.

Sementara bagian dada membesar. Kepalanya juga mengalami luka dan kini putrinya hanya bisa menagis. 

Saat ini, balita asal Desa Kaligangsawetan Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes ini tinggal bersama keluarganya di sebuah rumah kontrakan di Kota Tegal. 

“Awalnya tidak bisa apa-apa, tetapi kini sudah bisa menangis, tetapi kondisinya masih harus memakai selang NGT. Untuk makannya masih susu khusus gizi buruk setiap 3 jam sekali,”jelasnya.

Menurut Iswandi, dia sangat berharap anaknya bisa kembali normal. Apalagi, dokter menyatakan anaknya bisa kembali normal jika melakukan perawatan lanjutan.

“Harus melakukan perawatan lanjutan untuk menangani bentuk fisik yang mengalami perubahan.  Seperti kaki yang semula lurus kini bengkok,”tandasnya. 

Namun, kata Isfandi, untuk pengobatan anaknya itu dia hanya bisa mengandalkan biaya dari BPJS yang iurannya ia bayarkan tiap bulan. Pembayarannya, melalui pemotongan gaji yang ia peroleh dari tempatnya bekerja.

Sumber: