Masuk Kota Santri Pekalongan, Kesehatan 32 Biksu Thailand Pelaku Ritual Thudong Diperiksa

Masuk Kota Santri Pekalongan, Kesehatan 32 Biksu Thailand Pelaku Ritual Thudong Diperiksa

Para biksu Thailand disambut ribuan warga yang berjejer di sepanjang jalur Pantura dari Siwalan hingga Wiradesa, Kabupaten Pekalongan, dengan pengamanan dari jajaran TNI-Polri.-Hadi Waluyo-radar pekalongan

SIWALAN, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Sebanyak 32 biksu yang berjalan kaki dari Thailand ke Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, sudah memasuki wilayah Kota Santri Pekalongan, Kamis 25 Mei 2023 pagi. 

Para biksu disambut ribuan warga yang berjejer di daerah perbatasan Kabupaten Pekalongan dan Pemalang.

Ribuan warga mengular di sepanjang tepian jalur Pantura di Desa Rembun, Kecamatan Siwalan, hingga ke perbatasan Kota Pekalongan. 

Warga tampak antusias menyambut kedatangan para biksu Thailand ini saat berjalan kaki menyusuri jalur Pantura Kabupaten Pekalongan.

BACA JUGA:Sambut Biksu Thailand Ritual Thudong, Plt Bupati dan Kapolres Pemalang Jalan Kaki Sejauh 7 KM

Keringat tampak bercucuran keluar dari wajah para biksu ini. Saking antusiasnya menyambut mereka, warga sudah mempersiapkan minuman dan makanan ringan untuk diberikan kepada para biksu yang baru saja melanjutkan perjalannya dari Kabupaten Pemalang.

"Sengaja nunggu dari pagi. Pingin saja melihat para biksu yang jalan kaki hingga ke Candi Borobudur," kata Susanti, 36, warga Wiradesa, Kabupaten Pekalongan.

Rombongan biksu itupun mendapatkan pengawalan ketat, baik dari TNI dan Polri. Sesampainya di Koramil Wiradesa, puluhan biksu tersebut langsung istirahat di tempat yang sudah disediakan. 

Selanjutnya, tim kesehatan dari Polres Pekalongan dan Puskesmas Wiradesa langsung memeriksa kondisi para biksu tersebut. Mereka dicek kondisi kesehatannya seperti tensinya.

BACA JUGA:Biksu Thailand Menangis saat Masuk Tegal, Ternyata Ini Alasannya

Dandim Kodim 0710 Pekalongan Letkol Infanteri Rizky Aditya, mengatakan, dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman dalam melaksanakan kegiatan, para biksu yang sedang melaksanakan ritual Thudong. 

Pihaknya melakukan pengamanan di sepanjang rute perjalanan dan memfasilitasi untuk tempat berisitirahat yang berada di Koramil Wiradesa.

"Mereka tiba pukul 10.30 WIB. Setelah dari Koramil Wiradesa, para biksu selanjutnya melanjutkan perjalanan ke Kanzus Sholawat Kota Pekalongan," kata Dandim Pekalongan.

Dengan pengamanan yang dilaksanakan ini, ia berharap para biksu yang melakukan ritual Thudong ini bisa berjalan aman dan nyaman, sampai tujuan dalam keadaan sehat tidak kurang suatu apapun.

Sumber: radar pekalongan