107 Orang Pengurus PMI dari 18 Kecamatan di Kabupaten Tegal Dilantik

107 Orang Pengurus PMI dari 18 Kecamatan di Kabupaten Tegal Dilantik

Ketua PMI Kabupaten Tegal Iman Sisworo secara resmi melantik 107 orang pengurus PMI Kecamatan se Kabupaten Tegal.-Yeri Noveli-

SLAWI, RADARTEGAL.COM - Sedikitnya 107 Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kecamatan se-Kabupaten Tegal dilantik. Pelantikan dipusatkan di Aula PMI Kabupaten Tegal.

Ketua PMI Kabupaten Tegal Iman Sisworo mengatakan, pelantikan ini untuk masa bakti 2022-2027 dan orientasi kepalangmerahan. Adapun, 107 pengurus itu tersebar di 18 kecamatan di Kabupaten Tegal.

Iman berharap, para pengurus yang telah dilantik ini untuk dapat berdedikasi serta mengabdikan diri sehingga bisa memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat Kabupaten Tegal.

BACA JUGA:Cuaca Ekstrem, Polres Tegal Intensifkan Patroli Daerah Rawan Bencana

Iman menjelaskan, PMI memiliki tugas dan fungsi dalam penanganan kemanusiaan pada bidang kedaruratan, bidang pelayanan kesehatan dan memberikan edukasi kepada masyarakat. 

"PMI juga berperan sebagai penyedia darah untuk memenuhi kebutuhan pasien yang sedang dirawat. Turut membina dan melatih generasi muda pada bidang kepalangmerahan seperti PMR, Korps Sukarela dan Tenaga Sukarelawan," kata Iman, usai melantik 107 pengurus kecamatan itu.

Kepada para pengurus kecamatan yang baru dilantik, Iman Sisworo juga meminta untuk segera melakukan konsolidasi dan bermitra dengan instansi terkait di wilayahnya masing-masing. 

BACA JUGA:Cuaca Buruk, Bupati Tegal Perintahkan Tebang Pohon Berbahaya: Jangan Ada Korban Lagi

"Para pengurus agar segera melaporkan kepada Camat sebagai pelindung PMI Kecamatan serta meminta arahan sehingga semua dapat berjalan sesuai dengan AD-ART," ujarnya. 

Sementara itu Kepala Markas PMI Kabupaten Tegal Sunarto berharap, kepengurusan di wilayah kecamatan ini bisa bekolaborasi dan bekerjasama dalam membantu masyarakat yang terkena musibah maupun terdampak bencana. 

PMI tingkat kecamatan dapat berperan dalam penanggulangan kebencanaan, melalui para relawan maupun dalam menyalurkan bantuan sosial kepada warga yang terkena musibah di wilayah masing-masing.

BACA JUGA:Angka Kriminalitas di Pemalang Tahun 2022 Diklaim Menurun, Tapi Persentase Ungkap Kasus Meningkat

"Apabila terjadi bencana, baik bencana alam banjir maupun kebakaran dan lainnya, kami tentunya akan berkoordinasi dengan pengurus PMI di wilayah kecamatan, untuk penanganan darurat," tukasnya. *

Sumber: