Intensitas Hujan Tinggi, Bhabinkamtibmas di Kota Tegal Diminta Waspada Banjir dan Cuaca Ekstrem

Intensitas Hujan Tinggi, Bhabinkamtibmas di Kota Tegal Diminta Waspada Banjir dan Cuaca Ekstrem

Kapolres Tegal Kota AKBP Rahmad Hidayat instruksikan Bhabinkamtibmas waspada banjir dan cuaca ekstrem.-Teguh Mujiharto-

KOTA TEGAL, RADARTEGAL.COM - Intensitas hujan yang mulai tinggi belakangan ini menjadi perhatian Polres Tegal Kota.

Kapolres Tegal Kota AKBP Rahmad Hidayat memerintahkan para Bhabinkamtibmas yang bertugas di wilayah Kota Tegal mewaspadai terjadinya bencana banjir.

Selain itu, mereka juga ditekankan untuk waspada terhadap cuaca ekstrem yang sulit diprediksi.

Instruksi Kapolres Tegal Kota AKBP Rahmad Hidayat untuk para Bhabinkamtibmas ini disampaikan saat memimpin apel pada Senin 28 November 2022.

BACA JUGA:UMP Jateng 2023 Naik Rp145 Ribu, Ganjar: Berlaku Mulai 1 Januari

Menurut Rahmad, jajaran Bhabinkamtibmas selalu peka dan siaga untuk mengantisipasi bencana alam. Mereka diminta berkoordinasi dengan Tiga Pilar untuk memitigasi potensinya.

"Hujan mulai berlangsung setiap hari, waspadai bencana banjir di saat musim penghujan dan cuaca ekstrem yang tidak bisa di prediksi," katanya.

Menurut Kapolres, sebagai garda terdepan Kepolisian di wilayah, Bhabinkamtibmas diminta agar dapat berperan aktif dalam menciptakan situasi yang kondusif. 

Salah satunya dengan upaya dan langkah dini untuk mengurangi dampak yang diakibatkan bencana alam.

BACA JUGA:Geger Penemuan Mayat Gosong di Area Persawahan Kaliwadas Kabupaten Tegal

"Datakan wilayah potensi bencana yang ada di wilayah binaan. Sosialisasi dan sebar nomor darurat kepada warga yang rawan terkena dampak bencana diwilayah binaanya," ujar Kapolres.

Selain memberikan instruksi, Kapolres juga mengatakan pihaknya telah menggalang dana kemanusiaan dari para personel Polres dan Polsek jajaran untuk meringankan beban korban gempa. Aksi kemanusiaan itu, sebagai bentuk kepedulian antar sesama. 

"Kami juga mendorong dan mengetuk hati kemanusiaan dengan mengumpulkan bantuan logistik lainnya. Seperti pakaian pantas pakai, makanan atau keperluan lainnya yang sangat dibutuhkan," tegasnya.

BACA JUGA:2.740 Pelajar Putri di Kabupaten Tegal Dicekoki Tablet Tambah Darah

Sumber: