Cegah Covid-19 Pada Anak dengan Ajari Pentingnya Menjaga Organ Pernapasan

Cegah Covid-19 Pada Anak dengan Ajari Pentingnya Menjaga Organ Pernapasan

PENULIS: Wafi Rif'atul Himmah, S. Pd. Guru SDN 3 Jepangrejo, Blora-Istimewa-radartegal.com

Tidak hanya Covid-19, penyakit pernapasan lain seperti flu juga bisa dicegah apabila kita rajin membersihkan tangan. Kebiasaan baik ini akan membantu berbagai virus, bakteri, maupun kotoran yang bisa menimbulkan penyakit, tidak masuk ke tubuh. 

Cucilah tangan dengan sabun dan air mengalir dengan cara yang tepat. Apabila sedang tidak ada akses ke air mengalir, gunakan hand sanitizer untuk mendapatkan manfaat yang sama. 

Kelima, tidak merokok. Kebiasaan yang paling banyak menyebabkan kerusakan organ pernapasan adalah merokok. Sedari dini, anak perlu juga ditekankan bahaya merokok.

Selanjutnya, menghindari paparan polusi. Terus-menerus terpapar polusi, bisa membuat organ pernapasan, terutama paru-paru, terganggu. 

Ingat, polusi bukan hanya asap kendaraan. Asap rokok, asap pabrik, hingga bahan kimia yang terlepas ke udara juga bisa merusak sistem pernapasan. 

Memakai masker, menjaga jarak dengan orang lain yang menjadi bagian dari protokol kesehatan juga bisa disampaikan ke siswa dalam kaitannya mencegah penularan Covid-19. Termasuk mengenai vaksinnya. 

Dengan mengenalkan cara-cara menjaga organ pernapasan kepada siswa, diharapkan mereka terhindar dari penularan virus Covid-19 dan masalah gangguan pernapasan lainnya. (*)

Penulis: Wafi Rif'atul Himmah, S. Pd. 

SDN 3 Jepangrejo Blora

 

Sumber: radartegal.com