Cegah Covid-19 Pada Anak dengan Ajari Pentingnya Menjaga Organ Pernapasan

Cegah Covid-19 Pada Anak dengan Ajari Pentingnya Menjaga Organ Pernapasan

PENULIS: Wafi Rif'atul Himmah, S. Pd. Guru SDN 3 Jepangrejo, Blora-Istimewa-radartegal.com

DALAM beberapa waktu terakhir, kita dihadapkan pada serangan virus Covid-19 yang gejala awalnya ditunjukkan dengan gangguan pernapasan. Tidak hanya pada orang dewasa, gangguan ini juga menyerang orang tua dan anak-anak.

Tidak heran jika kemudian serangan yang melahirkan pandemi di seluruh dunia itu melahirkan berbagai kebijakan yang mengarahkan kita untuk menjaga jarak dengan orang-orang di sekitar dengan tujuan menghentikan penularan.

Bagi orang dewasa, terutama orang tua, selain melindungi diri sendiri dari penularan virus tersebut, mengenalkan anak pada ancaman virus serta mengajari mereka pentingnya menjaga organ pernapasan adalah mutlak dilakukan.

Guru, sebagai orang tua di sekolah juga menjadi salah satu pihak yang memiliki tanggung jawab mengedukasi anak-anak akan hal ini. Materi tentang Covid-19 tentunya bisa diselipkan di antara materi pengenalan organ pernapasan yang masuk dalam materi kelas 5 Sekolah Dasar (SD).

Guru perlu menyampaikan bahwa, dengan melakukan berbagai cara menjaga organ pernapasan, maka kita sudah berperan dalam pencegahan penyebaran virus corona.

Tentunya, perlu diingat juga bahwa organ pernapasan di sini bukan hanya paru-paru. Mulut, hidung, hingga tenggorokan juga termasuk ke dalamnya. Sehingga, pencegahannya pun perlu dilakukan secara keseluruhan. 

Dikutip dari berbagai sumber, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjaga organ pernapasan. Dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti siswa, tentunya langkah-langkah pencegahan ini bisa mereka terapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Pertama, rutin berolahraga. Rutin berolahraga adalah cara menjaga organ pernapasan yang sangat efektif. Sebab dengan aktif bergerak, sirkulasi di tubuh akan berjalan dengan lancar. 

Dengan begitu, organ pernapasan terutama paru-paru akan selalu terjaga kesehatannya. 

Selanjutnya, disarankan mengonsumsi makanan bergizi. Mengonsumsi makanan bergizi juga sangat berpengaruh pada kesehatan organ pernapasan. 

Orang yang kekurangan nutrisi, terbukti lebih rentan mengalami berbagai gangguan pernapasan. 

Ketiga, minum banyak air putih. Banyak minum air putih adalah salah satu cara menjaga organ pernapasan paling sederhana. 

Dengan banyak minum air, mukus atau lendir yang setiap harinya menumpuk di saluran pernapasan akan mudah larut sehingga tidak menyumbat maupun menimbulkan gejala gangguan pernapasan.  

Keempat, rajin mencuci tangan. Saat ini kamu mungkin sudah paham bahwa rajin mencuci tangan bisa memberikan manfaat yang begitu besar untuk kesehatan organ pernapasan, terutama saat wabah penyakit menyerang. 

Sumber: radartegal.com