Model Pembelajaran PBL Tingkatkan Hasil Belajar IPA di Masa PTM

Model Pembelajaran PBL Tingkatkan Hasil Belajar IPA di Masa PTM

PENULIS : Sri Wahyuningsih, S.Pd, guru SD AlMardliyah, Kec. Kaliwungu Selatan Kab. Kendal--

Tahap ketiga, guru membimbing menyediakan kelompok dan individu. Guru mendorong siswa mengumpulkan informasi yang sesuai. Melaksanakan eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah. 

Tahap keempat, mengembangkan dan menyajikan hasil karya. Guru membantu merencanakan dan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan, video, dan model serta membantu mereka berbagi tugas dengan temannya. 

Tahap kelima, menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Guru membantu siswa melakukan refleksi. Mengevaluasi penyelidikan mereka dan proses-proses yang mereka kerjakan. 

Model pembelajaran PBL, terbukti dapat meningkatkan hasil belajar IPA di SD ALMARDLIYAH, Kecamatan Kaliwungu Selatan.

Pada tahap pra siklus hasil belajar IPA siswa hanya mencapai rata-rata 65. Hasil belajar meningkat pada siklus 1 menjadi 77 dan meningkat lagi pada siklus 2 menjadi 85. (*)

 

Oleh: Sri Wahyuningsih, S.Pd.

Guru SD AlMardliyah,

Kec. Kaliwungu Selatan

Kab. Kendal

Sumber: