Pembelajaran IPA dengan Model Picture and Picture Berbantu Media Audio-Visual

Pembelajaran IPA dengan Model Picture and Picture Berbantu Media Audio-Visual

PENULIS: Anita Rahmayanti, S.Pd, guru Kelas 4 SD Negeri 03 Widuri Kec. Pemalang Kab. Pemalang.--

Audio-visual adalah media penyaluran pesan dengan memanfaatkan indera pendengaran dan penglihatan (Sukiman, 2012). 

Jenis media ini mempunyai kemampuan yang lebih baik, karena meliputi kedua jenis media audio (mendengar) dan visual (melihat). 

Media audio-visual merupakan alat bantu berupa bahan atau alat yang dipergunakan dalam situasi belajar untuk membantu tulisan dan kata yang diucapkan dalam menularkan pengetahuan, sikap, dan ide. 

Model pembelajaran picture and picture berbantuan media audio-visual akan membuat siswa lebih aktif dan pembelajaran menjadi lebih bermakna. 

Hal itu karena model pembelajaran picture and picture berbantuan media audio-visual menekankan kepada siswa untuk menjadi aktif dalam pembelajaran. 

Model pembelajaran ini akan memberikan sebuah pengetahuan dan informasi yang baru, berbeda dan selalu menarik minat siswa untuk mengikutinya. Siswa dilatih untuk berpikir logis dan sistematis. 

Berdasarkan hasil analisis data kompetensi pengetahuan IPA pada siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran picture and picture berbantuan media audio-visual dikategorikan cukup baik. 

Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran picture and picture berbantuan media audio-visual dari 69,8 menjadi 78,1. 

Penerapan model pembelajaran picture and picture berbantuan media audio-visual berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas 4 SD Negeri 03 Widuri Tahun Pelajaran 2021/2022. (*/ima)

Sumber: