Gasak Puluhan Juta di Brebes, Pelaku Pembobol Rumah Dibekuk Polisi

Gasak Puluhan Juta di Brebes, Pelaku Pembobol Rumah Dibekuk Polisi

Salah seorang pelaku pembobol rumah di Desa Blubuk Kecamatan Losari berhasil dibekuk Tim Resmob Satreskrim Polres Brebes. 

Pelaku diketahui berinisial RAK (22) dan diamankan saat bersembunyi di tempat pesembunyiannya. 

Pelaku ditangkap Tim Resmob yang dipimpin langsung Kanit I Satreskrim Polres Brebes Aiptu di belakang pasar Kecamatan Tanjung pada Selasa (12/1) lalu. 

Kapolres Brebes AKBP Faisal Febrianto melalui Wakapolres Brebes Kompol Arwansa mengatakan, pelaku pembobolan rumah ditangkap Tim Resmob di wilayah Kecamatan Tanjung. 

"Saat melancarkan aksinya, pelaku menggunakan sebuah obeng untuk mencongkel jendela rumah korban. Untuk kemudian masuk ke dalam rumah dan menggasak uang tunai dan sejumlah barang berharga lainya," kata Arwansa beberapa hari lalu saat konferensi pers di halaman Satreskrim Polres Brebes. 

Dijelaskannya, sebelum melancarkan aksinya, pelaku melakukan pengintaian secara acak dan berkala di lokasi rumah yang akan menjadi sasarannya. 

"Pelaku ini memang secara acak menentukan rumah calon korban. Tapi dia (pelaku) memantau dan mengamati kondisi rumah. Jika sepi barulah pelaku masuk dalam rumah," ungkapnya. 

Dalam aksinya itu, pelaku berhasil menggondol uang tunai sekitar Rp55 juta dan sejumlah barang berharga lainya. Di antaranya seperangkat alat WiFi, smartphone dan sebuah tas selempang branded. 

"Motifnya karena persoalan ekonomi. Untuk total kerugian korban mencapai Rp60 juta. Pelaku disangkakan Pasal 363 KUHAP dengan ancaman pidana 7 tahun kurungan penjara," tegasnya. 

Di hadapan petugas, pelaku mengakui perbuatannya. Dia melakukan aksinya itu terdesak kebutuhan ekonomi lantaran menganggur. 

"Saya mengaku salah, uang yang saya ambil untuk melunasi motor dan keperluan sehari-hari," singkatnya. (ded/ima)

Sumber: