3 Paslon Walikota dan Wakil Walikota Tegal Pilkada 2024 Jalani Rikes di Semarang, Ini Kata KPU

3 Paslon Walikota dan Wakil Walikota Tegal Pilkada 2024 Jalani Rikes di Semarang, Ini Kata KPU

Komisioner KPU Kota Tegal dan Sekretaris serta Bawaslu dan Korsek berpose bersama setelah rikes calon Walikota dan Wakil Walikota Tegal Pilkada 2024 selesai--

SEMARANG, radartegal.com - Sebanyak 3 pasangan calon (Paslon) Walikota dan Wakil Walikota Tegal Pilkada 2024 telah menjalani pemeriksaan kesehatan (Rikes). Itu, dilakukan selama dua hari di RSUP Dr Kariadi Semarang.

Ketua KPU Kota Tegal Karyudi Prayitno mengatakan pemeriksaan kesehatan dilakukan pada Sabtu dan Minggu, 31 Agustus dan 1 September 2024. Hingga, terkahir pemeriksaan, semuanya berjalan dengan aman dan lancar.

"Alhamdulillah ketiga paslon telah selesai menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUP Dr Kariadi selama 2 hari," katanya.

Menurut Karyudi, test kesehatan merupakan bagian dari rangkaian tahapan penting bagi para calon kepala daerah. Itu, untuk memastikan mereka dalam kondisi sehat, baik jasmani dan rohani.

BACA JUGA: Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota Tegal Pilkada 2024 Jalani Pemeriksaan Kesehatan di Semarang

BACA JUGA: Hari Ketiga Pendaftaran, Dua Paslon Walikota dan Wakil Walikota Tegal Pilkada 2024 Mendaftar di KPU

"Itu, penting agar dalam menjalankan tugas kelak ketika terpilih sebagai kepala daerah bisa bekerja secara maximal. Adapun rangkaian test kesehatan yang ini diantaranya adalah test fisik dan test psikologis dan test narkoba," ujarnya.

Karyudi mengatakan, kegiatan test hari kedua ini lebih cepat dari yang dijadwalkan. Sebab, antriannya tidak sepadat kemarin hari pertama.

"Untuk pelaksanaan test kesehatan ini murni dari para tim kesehatan RSUP Kariadi. Ini membuktikan, kami menjalankan proses ini seprofesional mungkin dan dilakukan oleh para dokter senior specialist," jelasnya.

Karyudi menambahkan untuk hasil testnya berupa mampu dan tidak mampu secara jasmani dan rohanim. Serta terindikasi dan tidak terindikasi.

BACA JUGA: Segera Buka Pendaftaran Calon Walikota dan Wakil Waliota Tegal, KPU Komitmen Laksanakan Putusan MK

"Pemeriksaan selesai dan kita tunggu saja hasilnya dalam waktu dekat ini," jelasnya.

Komisioner KPU Kota Tegal Divisi penyelenggaraan tekhnis Moh. Mansyur Syarifudin mengatakan setelah pemeriksaan selesai, selanjutnya menunggu tim dokter melakukan pleno. Itu, akan dilakukan pada 3 September mendatang.

"Kemudian untuk hasilnya akan dikirimkan pada 4 September 2024 mendatang," ujarnya.

Sumber: