Warga Brebes Mengalami Gejala Klinis Mpox, Ini Kata Kadinkes

Warga Brebes Mengalami Gejala Klinis Mpox, Ini Kata Kadinkes

Kadinkes Ineke Tri Sulistyowati (istimewa)--

BREBES, radartegal.id - Seorang warga di Kabupaten Brebes memiliki gejala penyakit Monkeypox (Mpox) atau cacar monyet. Saat ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Brebes sudah berkordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng terkait gejala penyakit cacar monyet tersebut.

Kepala Dinkes Kabupaten Brebes , Ineke Tri Sulistyowati memebenarkan kalau ada salah seorang warga Brebes yang memiliki gejala klinis yang mengarah ke penyakit cacar monyet atau monkeypox.

"Iya dari gejala klinis mengarah (penyakit monkeypox). Nanti diagnosanya harua ditegakkan dengan pemeriksaan labolatorium, ungkapnya kepada wartawan, Minggu 1 September 2024.

Dia mengatakan, saat ini pihaknya masih dikonsulkan ke Pemprov Jateng. Meski begitu, dia tidak bosan-bosan kepada warga untuk tetap menjaga pola hidup bersih dan sehat agar terhindar dari penyakit cacar monyet.

BACA JUGA: Pasien Mpox Meninggal Dunia di RSCM, Total Kasus Capai 57 Orang

BACA JUGA: Kadinkes Brebes Cek Korban Gejala Keracunan Massal, Makanan Sudah Berlendir

"Kami terus edukasi untuk tetap waspada dan tetap menjaga PHBS, cuci tangan pakai sabun dan germas," terangnya.

Ineke menyebutkan, untuk gejala cacar monyet sendiri memiliki beberapa gejala. Yang pertama yakni, ruam dengan lepuhan pada wajah, tangan, kaki, mata, mulut dan atau alat kelamin.

Selain itu, gejala lainnya yakni demam, pembengkakan kelenjar getah bening (di leher, ketiak dan selangkangan). Terua, mengalami sakit kepala, nyeri otot dan lemas. "Jadi jika memiliki gejala itu supanya memeriksakan kesehatan ke fasilitas kesehatan tersekat untuk mendapatkan penanganan," jelansya.

Adapun beberapa langkah mencegahnya waega bisa melakukan beberapa langkah. Seperti, menghindari kontak kulit ke kulit atau berhadapan wajah terlalu dekat termasuk komtak seksual dengam yang memiliki gejala.

BACA JUGA: Kasus Cacar Monyet Mulai Merebak, Catat Gejala dan Cara Penularannya di Sini!

Kemudian, cuci tangan pakai sabun atau gunakan handsanitazer. Bersihkan area benda yang sering disentuh, gunakan masker san terapkam etika batuk. Kemudian, bila anda mengalami gejala Mpox segera mengisolasi diri di rumah.

"Serta mencari pertolongan ke fasilitas layanan kesehatan tersekat," dirinya memungkasi.

Sumber: